Advertisement
Hindari Konsumsi Empat Jenis Makanan dan Obat Ini Pada Waktu Bersamaan - Apakah Anda termasuk orang yang susah minum obat? Tak dapat menelan obat dan membutuhkan jenis makanan tertentu untuk memudahkan minum obat? Bila ya, mungkin mulai kini Anda harus memperhatikan jenis makanan dan obat-obatan yang ingin dikonsumsi, pasalnya terdapat beberapa jenis makanan dan obat yang ternyata dapat berakibat buruk  dan berbahaya bagi kesehatan seseorang apabila dikonsumsi pada waktu bersamaan atau pun berdekatan.
Hindari Konsumsi Empat Jenis Makanan dan Obat Ini Pada Waktu Bersamaan
Hindari Konsumsi Empat Jenis Makanan dan Obat Ini
Pada Waktu Bersamaan
Nah, berdasarkan informasi yang bersumber dari droz.com, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi pengetahuan untuk sahabat sekalian, tentang empat jenis makanan dan obat-obatan yang berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan, bila dikonsumsi bersamaan.

1. Makanan yang memiliki kandungan tyramine tinggi
Perlu diketahui bahwa tyramine merupakan bentuk asam amino alami. Nah, jenis makanan yang umumnya memiliki kandungan tyramine tinggi meliputi ikan asin, daging sapi, keju, hati ayam, serta buah alpukat. Lantas, jenis obat apa yang harus dihindari untuk dikonsumsi secara bersamaan dengan jenis makanan tersebut? Adalah jenis obat antidepresan, dimana di dalamnya terkandung monoamine oxidase inhibitor. Nah, bahaya yang ditimbulkan bila dikonsumsi bersamaan atau pada waktu berdekatan yaitu dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah secara tiba-tiba.

2. Susu dan produk makanan yang berasal dari susu
Hindari mengonsumsi susu dan minum obat secara bersamaan atau pada waktu berdekatan, pasalnya obat tidak dapat bekerja secara optimal, karena susu dapat memengaruhi penyerapan obat pada sistem pencernaan, khususnya pada jenis obat-obatan antibiotik.

3. Grapefruit 
Grapefruit merupakan salah satu jenis buah jeruk yang menyerupai jeruk bali, hanya saja berukuran lebih kecil. Walaupun memiliki banyak manfaat, namun bila dikonsumsi pada waktu bersamaan atau berdekatan dengan obat-obatan tertentu ternyata dapat membahayakan kesehatan, dimana dampak buruknya dapat menyebabkan kerusakan hati dan juga gagal ginjal. Nah, jenis obat yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan grapefruit adalah obat hipertensi  (amlodipin, amlodipin, felodipin, nifedipin) , obat kolesterol (atorvastatin, lovastatin, simvastatin), obat antidepresi (karbamazepin), antibiotik (siklosporin).

4. Makanan yang memiliki kandungan vitamin K
Beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin K diantaranya adalah bayam, kubis, brokoli dan lobak. Vitamin K sendiri, bermanfaat untuk proses pembekuan darah, akan tetapi akan manfaat tersebut akan hilang atau bahkan dapat mengakibatkan dampak negatif bagi kekentalan darah, bila dikonsumsi bersamaan atau berdekatan dengan jenis obat antikoagulan (golongan obat yang dipakai untuk menghambat pembekuan darah).

Demikianlah informasi dari SpesialTips! kali ini. Semoga saja, informasi di atas dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna dan bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top