Advertisement
5 Tips Aman Dan Mudah Membersihkan Gadget - Bagi beberapa orang, membersihkan perangkat elektronik khususnya gadget, dianggap sebagai hal yang tidak terlalu penting, hingga tak jarang diabaikan oleh para pemiliknya. Uniknya lagi, pemilik gadget seperti ponsel, tablet atau pun netbook cenderung rajin melakukan kegiatan bersih-bersih hanya di saat perangkat tersebut masih dalam keadaan baru, namun setelah lebih dari satu bulan pemakaian maka "ritual" membersihkan gadget akan mulai dilupakan.
5 Tips Aman Dan Mudah Membersihkan Gadget
Tips Membersihkan Gadget 
Berhubungan dengan kebersihan gadget mungkin tak banyak orang yang mengetahui bahwa ternyata perangkat elektronik canggih yang dimiliki tersebut dapat menjadi salah satu tempat berkumpulnya kuman penyebab penyakit. Bukan itu saja, usia pemakaian gadget juga dapat menjadi lebih singkat hal ini dikarenakan banyaknya kotoran yang menumpuk hingga menjadi penyebab terganggunya kinerja komponen yang terdapat di dalam gadget tersebut.

Nah, demi menghindari masalah di atas, maka kegiatan membersihkan perangkat elektronik, terutama gadget yang setiap hari kita gunakan akan menjadi hal perlu dan penting artinya, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang lima tips aman dan mudah membersihkan gadget bagi sahabat sekalian. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut informasi selengkapnya.

5 Tips Aman Dan Mudah Membersihkan Gadget


1. Gunakan air untuk membersihkan layar
Hampir semua produsen perangkat elektronik, khususnya ponsel dan tablet dengan layar sentuh menyarankan untuk tidak menggunakan cairan kimia guna membersihkan layar perangkat tersebut. Mengapa? Hal ini dikarenakan cairan kimia tersebut dapat mempercepat penurunan kualitas tampilan pada layar sentuh, sehingga memengaruhi usia pakai gadget. Nah, untuk proses pembersihan layar gadget gunakan kain lap halus yang telah dibasahi dengan air, lalu bersihkan permukaan layar secara perlahan dengan tekanan yang sesedikit mungkin, demi menghindari terjadinya goresan pada layar. Perhatikan pula untuk melakukannya hanya satu arah. Setelah proses pembersihan dengan kain basah tersebut, keringkan layar dengan menggunakan kain lap kering. Disarankan pula untuk menggunakan kain berbahan microfiber.

2. Pakai pembersih krim dengan bahan yang aman
Membersihkan layar dan permukaan gadget dengan menggunakan krim pembersih, dapat dilakukan bila langkah membersihkan dengan air tak dapat menghilangkan noda yang masih menempel. Namun, hal yang perlu diperhatikan yaitu gunakan pembersih krim dengan bahan yang aman, dimana didalamnya tidak mengandung material keras seperti halnya pada bahan pembersih kaca.

3. Memanfaatkan tusuk gigi untuk menjangkau bagian tertentu
Jangan salah, tusuk gigi ternyata dapat berguna pula untuk menjadi alat pembersih gadget. Berbahan tidak terlalu keras, dan ujung yang runcing memungkinkan pemilik gadget untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau, misalnya pada sela-sela lubang port micro-USB. Patut diperhatikan saat membersihkan gadget dengan tusuk gigi, untuk melakukannya secara perlahan dan menghindari tekanan yang berlebihan.

4. Gunakan lakban pada keyboard
Nah, salah satu cara unik dan mudah untuk membersihkan keyboard laptop atau netbook adalah dengan menggunakan lakban bening atau selotip plastik bening. Pastikan terlebih dahulu laptop atau neetbook dalam keadaan mati, lalu tempelkan lakban/selotip bening pada bagian keyboard. Selanjutnya, balik secara perlahan laptop/netbook tersebut, dengan tujuan kotoran yang terdapat disela keyboard akan jatuh dan menempel pada permukaan lakban/selotip. Bila langkah ini dirasakan kurang bersih, gunakan juga alat penghisap debu berukuran kecil dengan tekanan udara yang tidak terlalu besar.

5. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan
Beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan saat membersihkan gadget adalah, hindari membersihkan layar dari perangkat dengan alkohol atau bahan kimia abrasif, jangan pernah membersihkan gadget dalam keadaan menyala atau sedang terhubung dengan sumber listrik, hindari menggunakan kapas untuk membersihkan bagian tertentu demi menghindari sisa kapas yang tersangkut.

Nah, demikianlah beberapa informasi tentang lima tips aman dan mudah membersihkan gadget. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Cara paling ampuh untuk membuat gadget anda selalu bersih adalah jangan pernah mengeluarkan gadget yang anda beli dari bungkusnya setelah anda membeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...Tipsnya unik dan greget banget =))

      Delete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top