Advertisement
4 Makanan Sehat Pengganti Suplemen Multivitamin - Berbagai macam cara digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin, dari rutin mengonsumsi makanan sehat dengan nilai kandungan vitamin tinggi, hingga tak sedikit pula yang menggunakan alternatif suplemen multivitamin demi menghindari konsumsi makanan secara berlebihan.
4 Makanan Sehat Pengganti Suplemen Multivitamin
4 Makanan Sehat Pengganti Suplemen Multivitamin
Nah, berkaitan dengan pemanfaatan suplemen multivitamin, tahukah sahabat pembaca SpesialTips! sekalian bahwa ternyata terdapat fakta mengejutkan, tentang dampak suplemen multivitamin yang biasanya diproduksi dalam berbagai macam bentuk tersebut. Dikutip prevention.com, berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dirilis dalam jurnal kesehatan  Annals of Internal Medicine, terungkap bahwa suplemen multivitamin tidak berpengaruh nyata untuk mencegah penyakit jantung, kanker, atau penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Bahkan pada beberapa temuan menunjukkan bahwa dosis tinggi beta-karoten, vitamin A, dan vitamin E dapat membahayakan kesehatan orang yang rutin mengonsumsi suplemen multivitamin.

Baca juga: Alasan Ilmiah Hidup Panjang Umur Dengan Vitamin C

Berkaca dari fakta di atas, maka ada baiknya bagi kita untuk mempertimbangkan kembali perlu atau tidaknya menggunakan tambahan vitamin berupa suplemen multivitamin tersebut. Lantas, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin, tanpa menggunakan suplemen multivitamin? Berhubungan dengan hal ini, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang 4 makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin bervariasi, serta dapat dijadikan pengganti suplemen multivitamin.

Empat Makanan Sehat Pengganti Suplemen Multivitamin


1. Kacang Almond
Tahukah Anda, bahwa kacang almond dapat dijadikan makanan pengganti multivitamin. Berdasarkan hasil studi ilmiah para ahli, dengan mengonsumsi kacang almond sebanyak 1,5 Ons per hari, baik pada orang dewasa dan anak-anak, akan bermanfaat mencukupi kebutuhan tubuh terhadap asam lemak esensial, vitamin E dan magnesium ke tingkat yang disarankan.

2. Kerang
Beberapa jenis kerang-kerangan yang umumnya dijadikan bahan makanan, ternyata memiliki kandungan multivitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya saja pada tiram mentah kerang hijau, terkandung multivitamin dengan kandungan sangat tinggi, diantaranya adalah vitamin B-12, vitamin D, magnesium, zat besi, sampai dengan omega-3, dan omega-6. Hebatnya lagi, kita tak perlu mengonsuminya setiap hari, karena disarankan oleh para ahli untuk makan kerang setidaknya hanya perlu seminggu sekali.

3. Rumput Laut
Tak perlu disangsikan lagi, bila rumput laut dapat menjadi makanan untuk menggantikan suplemen multivitamin. Pasalnya kemampuan rumput laut untuk menyerap mineral di laut, ternyata dapat menjadikan tumbuhan laut yang sering dikonsumsi orang Jepang ini menjadi sangat kaya akan multivitamin, dimana diantaranya adalah vitamin A, B, C, E dan K. Bukan itu saja, rumput laut juga dapat berkhasiat sebagai makanan anti inflamasi, anti kanker, juga dapat memperbaiki masalah pencernaan, dan baik bagi mereka yang mengalami masalah jantung.

4. Makanan yang difermentasikan dengan Lactobacillus
Mungkin agak sedikit asing bagi Anda, tapi ternyata makanan yang difermentasikan dengan bakteri lactobacillus, berguna pula untuk menjadi pengganti suplemen multivitamin. Misalnya saja pada kimchi atau pickels (acar), memiliki kandungan dosis tinggi vitamin C, semua vitamin B, dan asam amino. Kelebihan lainnya dari makanan ini, juga sangat baik bagi sistem pencernaan khususnya pada usus.

Nah, bagaimana? Dibanding minum suplemen multivitamin, bukankah lebih baik memenuhi kebutuhan vitamin dengan cara alami, dan tentunya dapat terasa lebih lezat pula di lidah.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top