Advertisement
4 Keadaan Yang Menyebabkan Hidung Sering Tersumbat - Pernah mengalami hidung tersumbat? Boleh jadi, hampir semua orang akan menyatakan pernah merasakan kesulitan bernapas, karena mampetnya jalan tempat keluar masuknya udara di hidung tersebut. Umumnya kondisi tersebut terjadi pada saat seseorang sedang menderita flu/pilek, atau pun memiliki gangguan alergi, namun bagaimana dengan orang yang sering merasakan hidung tersumbat, padahal ia sama sekali tak mengalami sakit flu/pilek dan juga tak mempunyai riwayat alergi?
4 Keadaan Yang Menyebabkan Hidung Sering Tersumbat
4 Keadaan Yang Menyebabkan Hidung Sering Tersumbat
Nah, guna menjawab pertanyaan di atas, berdasarkan informasi yang dikutip redaksi SpesialTips! dari berbagai sumber, ternyata didapati beberapa keadaan yang menjadi penyebab hidung sering tersumbat. Apa saja keadaan penyebab terjadinya gangguan pada hidung tersebut? Ikuti rangkuman selengkapnya pada empat keadaan yang menyebabkan hidung sering tersumbat, berikut ini.

1. Iritasi non alergi yang bersumber dari lingkungan
Salah satu alasan mengapa seseorang kerap mengalami hidung tersumbat adalah pengaruh lingkungan yang mengakibatkan terjadinya iritasi dan peradangan non alergi yang terjadi pada membran mukosa di dalam hidung, dimana dalam istilah kesehatan disebut dengan rhinitis non alergi vasomotor rhinitis. Asap kendaraan bermotor, asap rokok, parfum, bahkan udara yang kering dapat menjadi pemicu terjadinya gangguan ini.

2. Kehamilan
Mungkin tak banyak orang, khususnya wanita yang menyadari bahwa kehamilan dapat menjadi penyebab seringnya hidung tersumbat. Alasan mengapa wanita pada saat masa kehamilan kerap mengalami hidung tersumbat, dikarenakan perubahan hormonal yang berdampak pada berkumpulnya cairan dan juga darah pada area tertentu, salah satunya disekitar hidung, yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan, dan sama halnya seperti pembengkakan pada kaki ibu hamil.

3. Gangguan Hypothyroidism 
Penyebab lain hidung sering tersumbat, dikarenakan terjadinya gangguan hypothyroidism, yaitu kondisi dimana tubuh tidak cukup menghasilkan hormon thyrotropin atau yang disebut juga sebagai Thyroid-Stimulating Hormone (TSH).

4. Polip
Hidung sering tersumbat bisa juga disebabkan karena adanya polip (sejenis tumor jinak) yang tumbuh dan menghalangi saluran udara di hidung. Selain hidung tersumbat, polip juga dapat menyebabkan kemampuan indera penciuman berkurang.

Selain empat penyebab di atas, terdapat pula penyebab lainnya yang membuat hidung menjadi sering tersumbat, diataranya adalah kelainan anatomi seperti pergeseran tulang disekitar hidung yang mengakibatkan terhalangnya saluran udara, atau masuknya benda asing.

Demikianlah, informasi singkat tentang 4 keadaan yang menyebabkan hidung sering tersumbat. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat, bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top