Advertisement
Resolusi! Tak Harus Menunggu Tahun Baru - Apakah Anda telah menyiapkan daftar resolusi menjelang tahun yang baru nanti? Bila ya, hal apa yang diharapkan dapat diubah dari hidup Anda pada tahun mendatang? Kesehatan yang lebih baik, peningkatan karir, menikah, atau mungkin masalah keuangan yang lebih stabil? Terkait dengan resolusi tahun baru, dapat dikatakan bahwa kebiasaan ini menjadi salah satu trend menjelang pergantian tahun yang acap kali kita jumpai, dengan harapan resolusi tersebut dapat menjadi panduan untuk mengubah apa saja yang belum diraih dari tahun sebelumnya.
Resolusi! Tak Harus Menunggu Tahun Baru
Resolusi
Membahas tentang fenomena unik ini, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu resolusi tahun baru sebenarnya. Berdasarkan sumber informasi yang dikutip dari id.wikipedia.org, resolusi tahun baru diartikan sebagai sebuah tradisi sekuler yang umumnya berlaku di dunia barat, walaupun dapat dijumpai pula di belahan dunia lainnya, dimana tradisi tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berjanji melakukan perbaikan diri yang akan dimulai pada tahun yang baru, atau dengan kata lain resolusi tahun baru adalah sebuah ikrar untuk mengubah diri menjadi lebih baik di tahun baru. 

Sejarah resolusi tahun baru diperkirakan berasal dari tiga kejadian, yang pertama dari kebiasaan bangsa Babilonia kuno, dimana mereka melakukan sebuah janji kepada dewa mereka, setiap tahun baru. Selanjutnya, dari bangsa romawi yang mulai melakukan janji pada awal tahun kepada dewa yang bernama Janus, dan ketiga adalah janji yang disebut dengan sumpah perak di abad pertengahan yang diucapkan setiap kesatria pada akhir musim natal setiap tahunnya.

Nah, yang menjadi pertanyaan mendasar, apakah resolusi di tahun baru itu perlu? Jawabannya, sah-sah saja setiap orang mau membuat janji untuk perubahan yang lebih baik di tahun yang baru nanti. Hanya saja, apa perlu menunggu sampai tahun baru? Apalagi untuk hal-hal yang dapat mengubah kehidupan kita agar lebih baik. Pasalnya waktu berjalan sangat cepat, dan tak pernah mau menunggu siapapun untuk sebuah perubahan, contoh sederhananya, minggu ini berat badan naik 1 kg, lalu apa harus menunggu hingga beberapa bulan untuk berusaha mengubahnya? Karena boleh jadi akibat dari menunda resolusi untuk berubah, di bulan berikutnya berat badan semakin bertambah dan semakin sulit untuk menurunkannya.

Sejatinya, membuat sebuah resolusi perubahan hidup ke arah lebih baik merupakan hal wajib, akan tetapi tanpa komitmen dalam mewujudkan (usaha) maka ujungnya tiap penghujung tahun kita akan membuat daftar resolusi yang sama. Faktanya, resolusi tahun baru tak banyak dapat menjadi alasan kuat seseorang dapat berubah, hal ini dibuktikan berdasarkan sebuah studi ilmiah pada tahun 2007, yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Bristol, mencatatkan bahwa dari 3 ribu responden yang terlibat dalam penelitian tersebut terhitung 88 persen dari mereka yang membuat resolusi tahun baru, ternyata gagal mewujudkan resolusi yang telah dibuat.

Artikel sederhana ini tak bermaksud untuk melarang atau pun menyalahkan seseorang untuk membuat resolusi tahun baru, hanya sebagai informasi untuk menguatkan kembali komitmen terkait resolusi untuk mengubah hidup lebih baik, di jaman yang serba cepat ini. Bukankah mereka yang kehidupannya hari ini lebih baik dari hari kemarin, adalah termasuk orang yang beruntung? Jadi, mengapa harus berlama-lama untuk membuat sebuah resolusi, demi hidup yang lebih baik?

Demikian informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga saja dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top