Advertisement
Lima Fakta Mengejutkan Tentang Kesehatan Si Pengguna Tangan Kiri (Kidal) - Apakah Anda termasuk pengguna tangan kiri dalam beraktivitas sehari-hari, atau umumnya disebut dengan kidal? Bila ya, pernahkah Anda mendengar fakta bahwa pengguna tangan kiri (kidal) umumnya termasuk orang yang memiliki kecakapan yang tinggi dalam bidang olahraga, khususnya seperti bulu tangkis, tenis, dan tinju?
Lima Fakta Mengejutkan Tentang Kesehatan Si Pengguna Tangan Kiri (Kidal)
Lima Fakta Mengejutkan Tentang Kesehatan Si Kidal
Membahas serba serbi unik seputar pengguna tangan kiri (kidal), maka berdasarkan sumber informasi yang diperoleh dari time.com, maka akan dijumpai beberapa fakta mengejutkan, yang berhubungan dengan masalah kesehatan orang-orang kidal. Apa saja fakta tersebut? Ikuti informasi selengkapnya berikut ini.

Lima Fakta Mengejutkan Tentang Kesehatan Si Pengguna Tangan Kiri (Kidal)


1. Pengguna Tangan Kiri (Kidal), Berhubungan Erat Dengan Stres Pada Ibu Pada Saat Hamil
Dijelaskan dalam sebuah studi ilmiah di Inggris, ibu hamil yang mengalami stres berat cenderung untuk menyentuh wajah mereka dengan menggunakan tangan kiri, dibandingkan tangan kanannya. Uniknya, hal tersebut dapat menjadi sebuah petunjuk atau pun tanda, bahwa si anak setelah lahir nantinya akan menjadi kidal. Bukti lainnya yang menguatkan hasil studi ilmiah tersebut adalah penelitian di Swedia pada tahun 2008, berdasarkan hasil survei terhadap beberapa ibu yang telah memiliki anak, menyebutkan bahwa mereka yang mengalami stres pada masa kehamilan, cenderung berujung pada anak pengguna tangan kiri (kidal). Disebutkan dalam penelitian berbeda, anak yang lahir dengan berat badan lebih rendah, atau pun anak yang lahir dari ibu yang mengalami kehamilan pada usia diatas normal (tua), juga akan cenderung menjadikan si anak pengguna tangan kiri alias kidal.

2. Pengguna Tangan Kiri (Kidal), Lebih Berisiko Mengalami Masalah Kesehatan Mental
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Yale University pada tahun 2013, mendapati bahwa dari hasil survei di klinik kesehatan mental, ditemukan sebuah fakta bahwa 40 persen mereka yang menderita schizophrenia atau pun schizoaffective adalah orang yang menulis dengan tangan kiri (kidal). Selain itu, ditemukan pula hubungan antara pengguna tangan kiri (kidal) dengan masalah mental seperti dyslexia, gangguan deficit hyperactivity, dan juga beberapa gangguan mood.

3. Pengguna Tangan Kiri (Kidal), Lebih Berisiko Mengalami Kanker Payudara
Hasil sebuah hasil penelitian di tahun 2007, yang telah dipublikasikan pada British Journal of Cancer, disebutkan bahwa mereka yang kidal lebih berisiko untuk mengalami kanker payudara, dibandingkan dengan orang yang menggunakan tangan kanan, khususnya pada kasus kanker yang terjadi pada wanita setelah mengalami masa menopause.

4. Pengguna Tangan Kiri (Kidal), Lebih Berisiko Mengalami Inflamasi Usus
Berdasarkan hasil studi ilmuwan di Inggris pada tahun 2001, menyebutkan sebuah fakta mengejutkan, dimana para ilmuwan menemukan bahwa orang kidal di Inggris dua kali lebih berisiko mengalami gangguan pada usus, seperti penyakit Crohn dan Kolitis ulseratif, bila dibandingkan dengan para pengguna tangan kanan.

5. Pengguna Tangan Kiri (Kidal), Lebih Berisiko Mengalami Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)
Fakta lainnya yang ditemukan pada orang yang kidal adalah risiko untuk mengalami post traumatic stress disorder (PTSD), dimana keadaan ini dikemukakan berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan di Skotlandia pada tahun 2007. Selain itu, pada orang kidal didapati pula sebuah fakta bahwa mereka akan lebih mungkin untuk mengalami lateralisasi otak yang tidak biasa, yang mempengaruhi cara otak memproses rasa marah dan takut.

Demikianlah informasi tentang Lima Fakta Mengejutkan Tentang Kesehatan Si Pengguna Tangan Kiri (Kidal). Semoga artikel singkat ini, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top