Advertisement
Hati-hati, Menganggap Diri Kurang Sehat Dapat Mempermudah Tubuh Terserang Flu - "Sepertinya saya kurang enak badan," apakah Anda pernah menganggap tubuh Anda seperti demikian? Lantas, apa yang terjadi setelahnya? Badan terasa lemah dan tiba-tiba ingin beristirahat? Mungkin bagi kebanyakan orang, anggapan tentang kondisi tubuh yang kurang sehat adalah hal yang lumrah, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya menilai rendah kesehatan diri, justru dapat meningkatkan risiko tubuh untuk terserang gangguan kesehatan, seperti flu atau pun demam?

Hal tersebut dijelaskan oleh para ahli dari University of Pittsburgh dan Carnegie Mellon University, dari hasil penelitian yang mereka lakukan kepada lebih dari 300 orang dewasa dengan usia rata-rata 33 tahun, mendapati bahwa anggapan atau penilaian terhadap kesehatan diri, secara akurat dapat memprediksi kerentanan seseorang untuk terserang flu. Hasil penelitian yang diterbitkan pada LWW Journals (Psychosomatic Medicine), mengindikasikan bahwa anggapan tentang kesehatan diri yang rendah, memiliki keterkaitan dengan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Hati-hati, Menganggap Diri Kurang Sehat Dapat Mempermudah Tubuh Terserang Flu
Menganggap Diri Kurang Sehat Dapat Mempermudah Tubuh Terserang Flu
Dipaparkan oleh Sheldon Cohen selaku profesor ilmu psikologi dari Carnegie Mellon University, penilaian atau anggapan rendahnya kesehatan tubuh memiliki benang merah terhadap masalah kesehatan terhadap orang dewasa lebih tua, juga termasuk peningkatan risiko kematian. Selanjutnya diperkirakan pula, terdapat keterkaitan antara penilaian (anggapan) kesehatan diri, terhadap kerentanan infeksi pada tubuh, dapat menimbulkan indikator tidak wajar seperti, sensasi dan perasaan yang menunjukkan disfungsi sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, diperkuat pula oleh sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa sekolah kedokteran University of California, Los Angeles (UCLA), menyimpulkan bahwa terdapat sebuah kontribusi yang unik, terhadap hubungan antara penilaian kesehatan diri dan juga kerentanan untuk terserang penyakit.

Nah, bagi sahabat SpesialTips! disarankan untuk selalu meningkatkan rasa percaya diri terhadap kesehatan tubuh Anda, dengan harapan kekebalan tubuh Anda tidak terpengaruh dengan anggapan rendahnya kesehatan diri.

Demikianlah informasi singkat tentang bukti ilmiah, bagaimana anggapan terhadap kesehatan diri dapat mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang, salah satu diantaranya adalah meningkatkan risiko terserang flu. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top