Advertisement
Terungkap, Jenis Musik Favorit Dapat Deteksi Kesehatan Mental Seseorang - Siapa yang tak menyukai musik? Mungkin hampir semua orang di dunia, baik tua dan muda memiliki beberapa lagu dari jenis musik tertentu, yang digemarinya. Bahkan terkadang musik dapat memengaruhi seseorang dalam kehidupan sosialnya, dimana menggemari jenis musik yang sama bisa membuat dua orang dengan latar belakang yang berbeda dan tak pernah kenal sebelumnya, menjadi akrab dengan sarana musik.
Terungkap, Jenis Musik Favorit Dapat Deteksi Kesehatan Mental Seseorang
Jenis Musik Favorit Dapat Deteksi Kesehatan Mental Seseorang
Namun, pernahkah terbayangkan oleh sahabat sekalian bahwa jenis musik favorit Anda, ternyata dapat menjadi alat untuk mendeteksi kesehatan mental? Wah, bagaimana mungkin musik yang kita dengarkan, mampu menjadi petunjuk tentang informasi kejiwaan (mental) seseorang? Nah, menjawab pertanyaan ini dikutip dari independent.co.uk, memberitakan penelitian yang berhasil mengungkapkan hubungan, antara jenis musik yang didengarkan dengan kondisi mental seseorang.

Adalah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Jyväskylä, Aalto University (Finlandia) dan Aarhus University (Denmark), yang juga telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah Frontiers in Human Neuroscience, mengungkapkan bahwa dari hasil uji aktivitas saraf setelah didengarkan beberapa jenis musik, yang diantaranya terdapat musik yang menggambarkan rasa bahagia, sedih dan menakutkan, didapati beberapa respon terhadap jenis musik tertentu, yang membuat seseorang menunjukkan tanda gangguan pada mentalnya, seperti depresi, kecemasan dan neurotisisme.

Selanjutnya juga diungkapkan, seringnya mendengarkan jenis musik sedih dan agresif memungkinkan seseorang mengalami kecemasan yang lebih tinggi atau pun neurotisisme. Selain itu, temuan yang cukup mengejutkan dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa pria yang mendengarkan musik untuk mengekspresikan perasaan negatif mereka, akan mengalami  aktivitas otak medial prefrontal cortex (Mpfc) yang lebih rendah, bila dibandingkan dengan wanita, dimana hal ini menjelaskan hubungan antara gaya mendengarkan jenis musik tertentu dan aktivitas medial prefrontal cortex (Mpfc) dapat memberikan efek jangka panjang pada otak.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sering merasakan hal serupa saat mendengarkan jenis musik yang menggambarkan kesedihan atau pun kemarahan? Bila ya, sebaiknya mulai kini Anda disarankan untuk lebih sering mendengarkan jenis musik yang lebih tenang dan menggambarkan kebahagiaan.

Demikianlah informasi singkat tentang jenis musik favorit yang dapat mendeteksi kesehatan mental seseorang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top