Advertisement
Terbukti Memberikan Maaf (Memaafkan) Adalah Rahasia Hubungan Sehat - Semua orang yang memiliki hubungan antara pasangannya, pasti pernah mengalami perselisihan atau konflik yang disebabkan sebuah kesalahan, yang mungkin dilakukan oleh salah satu pasangan. Nah, hal yang umumnya dilakukan, untuk memecahkan kebuntuan dan mengurai permasalahan tersebut, adalah dengan meminta maaf atau pun memberikan maaf, dengan kata lain saling memaafkan.
Terbukti Memberikan Maaf (Memaafkan) Adalah Rahasia Hubungan Sehat
Terbukti Memberikan Maaf (Memaafkan) Adalah Rahasia Hubungan Sehat
Berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk memberikan maaf (memaafkan) kesalahan pasangan, ternyata terdapat sebuah fakta unik yang menyebutkan bahwa dengan kerendahan hati memberikan maaf, merupakan salah satu rahasia hubungan yang lebih sehat. Hal ini dibuktikan dengan hasil studi ilmiah yang telah dipublikasikan pada Journal of Family Psychology, yang bertajuk Forgiveness and Relationship Satisfaction, dimana disebutkan bahwa, dalam suatu hubungan kurangnya kemampuan untuk memberikan maaf (memaafkan), dapat mengakibatkan sulitnya tercapai penyelesaian konflik, selain itu rendahnya rasa memaafkan mampu menjadi pemicu munculnya emosi negatif, dan berujung pada bertambahnya konflik antar pasangan.

Pada hasil penelitian yang berbeda, menjelaskan bahwa dalam suatu hubungan antara pasangan sebaiknya berlatih untuk meningkatkan rasa rendah hati untuk menciptakan kemampuan memberikan maaf (memaafkan), pasalnya bila diantara kedua pasangan tak memiliki kemampuan tersebut maka akan terdapat beberapa hal negatif yang dapat menjadi bom waktu perusak hubungan, diantaranya adalah:

•  Meningkatkan emosi negatif dalam hubungan, seperti rasa marah dan sakit hati
•  Berkurangnya kemampuan untuk menikmati kemesraan dalam hubungan
•  Alih-alih memberikan rasa nyaman, hubungan dapat menjadi penyebab munculnya rasa stres, depresi      bahkan rasa cemas.
•  Mengurangi, atau bahkan menghilangkan rasa keterhubungan dengan pasangan

Dari beberapa fakta di atas, maka melatih diri untuk kemampuan memaafkan akan sangat penting artinya, oleh sebab itu redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi tipsnya untuk sahabat sekalian. Berikut selengkapnya:

1. Pahami Bahwa Semua Orang Pernah Membuat Kesalahan
Hal pertama yang perlu ditekankan pada diri adalah memahami bahwa semua orang pernah membuat kesalahan, tak terkecuali diri Anda. Dengan menanamkan pemahaman ini, maka akan mudah bagi kita untuk mampu memberikan maaf (memaafkan) pasangan ketika berbuat hal yang Anda anggap salah.

2. Hentikan Kebiasaan Menyalahkan
Selanjutnya, salah satu penyebab seseorang sulit untuk memaafkan pasangannya ketika terjadi konflik adalah kebiasaan menyalahkan. Berada dalam posisi yang benar, tak lantas membuat Anda boleh menyalahkan pasangan Anda, karena seberapa besar kesalahan yang dilakukan oleh pasangan Anda, boleh jadi alasannya disebabkan oleh Anda sendiri.

3. Jangan Mengikuti Amarah
Marah merupakan hal yang alami, semua orang pasti pernah merasakan keadaan tersebut, namun yang perlu di ingat, marah tanpa kontrol dapat berakibat fatal pada hubungan yang Anda jalin dengan pasangan Anda. Walaupun bukan hal mudah untuk meredam rasa marah, namun patut ditekankan adalah marah adalah emosi negatif, dan hanya akan menimbulkan efek negatif pula.

4. Tekankan Kembali Komitmen Dan Tujuan Hubungan Anda
Bila sulit untuk memberikan maaf (memaafkan), ingat dan tekankan kembali terkait komitmen dan tujuan hubungan yang ingin Anda capai bersama pasangan Anda. Tanyakan kembali pada diri Anda, apakah konflik yang ada, sebanding dengan pencapaian yang telah Anda buat dengan pasangan Anda.

Nah, demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagian untuk sahabat sekalian. Semoga informasi ini dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top