Advertisement
Manfaat Mengaplikasikan Efek Pygmalion (Pygmalion Effect) Bagi Hidupmu - Semua orang pasti pernah mengalami keadaan dimana berkurangnya rasa percaya diri dan menurunnya optimisme dalam menjalani kehidupannya. Umumnya, penyebab "menguapnya" hal-hal positif dari hidup tersebut dikarenakan sulitnya mencari solusi, atau pun pemecahan masalah yang sedang dihadapi. Berkaitan dengan krisis rasa percaya diri dan optimisme pada diri seseorang, ternyata dalam dunia psikologi, terdapat sebuah teori yang dapat kita manfaatkan, untuk menjadi solusi merangsang rasa percaya diri dan optimisme, dan akhirnya dapat meningkatkan semangat dalam menjalani serta melewati masalah dalam kehidupan.
Manfaat Mengaplikasikan Efek Pygmalion (Pygmalion Effect) Bagi Hidupmu
Manfaat Mengaplikasikan Efek Pygmalion (Pygmalion Effect) Bagi Hidupmu
Adalah teori Pygmalion Effect (efek pygmalion), yaitu sebuah teori dalam dunia psikologi yang memanfaatkan persepsi serta ekspektasi positif untuk meningkatkan kinerja. Apakah agak sulit untuk dipahami? Sederhananya seperti ini, pernah mendengar istilah "you are what you think" atau yang bila diartikan "Anda adalah apa yang Anda pikirkan"? Dengan kata lain, apabila Anda berpikir atau menganggap orang lain tidak suka pada diri Anda, maka secara tidak langsung persepsi ini akan mempengaruhi otak, yang dapat berdampak pada tingkah laku kita (baik tindakan dan ucapan), untuk menunjukkan hal yang tak disukai oleh orang lain, dan pada akhirnya Anda sukses menjadi orang yang menyebalkan.

Contoh lainnya, Apabila Anda berpikir dan menganggap sebuah masalah adalah bagian hidup dari semua manusia, dan pasti akan dapat Anda lalui dengan mudah, maka hal ini menjadi semacam perintah pada otak untuk selanjutnya akan menimbulkan efek yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme, dalam melewati setiap masalah.

Dalam kehidupan sehari-hari, dampak dari mengaplikasikan teori Efek Pygmalion (Pygmalion Effect), ternyata tak bisa dianggap remeh, karena pada dasarnya teori ini juga diajarkan pada setiap agama, dimana kesemuanya mengajarkan tentang keyakinan dalam mempercayai Tuhan, dimana hal ini akan berdampak pada ketaatan dalam menjalankan perintah pada agama yang dianut seseorang.

Lantas Apakah Efek Pygmalion dapat memberikan manfaat bagi hidup kita? Bila melihat dari contoh yang telah disebutkan diatas, maka hal pasti yang akan didapatkan dengan mengaplikasikan teori dari Efek Pygmalion (pygmalion effect) adalah meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme dalam menjalani hidup. Selanjutnya manfaat lain yang bisa dirasakan oleh seseorang dari teori tersebut, yaitu mengajarkan kita untuk berpikir positif dalam menghadapi kehidupan. Nah, bukankah pikiran yang positif, akan membawa kita kepada hal-hal positif juga kan?

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang Manfaat Mengaplikasikan Efek Pygmalion (Pygmalion Effect) Bagi Hidupmu. Semoga informasi ini, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi para pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top