Advertisement
Lima Makanan Sehat Ini Ternyata Berbahaya Bila Dikonsumsi Berlebihan - Pernah mendengar istilah yang mengungkapkan, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik? Nah, hal ini ternyata juga berlaku pada makanan yang justru dilabeli sebagai makanan sehat. Umumnya kebanyakan orang berpikir bahwa semakin sehat jenis suatu makanan, maka perlu untuk semakin sering dikonsumsi, padahal diantara beberapa makanan yang dipercaya sehat tersebut, justru dapat memberikan efek negatif dan berbahaya bagi tubuh orang yang mengonsumsinya secara berlebihan. Alih-alih dapat merasakan efek menyehatkan, justru kesehatan dapat terancam.
Lima Makanan Sehat Ini Ternyata Berbahaya Bila Dikonsumsi Berlebihan
Lima Makanan Sehat Berbahaya Bila Dikonsumsi Berlebihan 
Berkaitan dengan makanan sehat yang dapat berdampak negatif dan berbahaya bila dikonsumsi berlebihan, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang lima jenis makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi dengan kadar secukupnya. Apa saja, jenis makanan tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1.  Kayu Manis (Cinnamomum Cassia)
Sebagai informasi salah satu rempah yang cukup populer di Indonesia ini sebenarnya terdiri atas beberapa jenis, namun yang paling umum di gunakan adalah cinnamomum zeylanicum dan cinnamomum cassia. Nah, kedua jenis kayu manis yang sering dijadikan bumbu tambahan dalam masakan tersebut, sebenarnya memiliki manfaat yang baik, akan tetapi terdapat kandungan dalam kedua jenis kayu manis ini yang dapat berdampak negatif dan cenderung berbahaya. Adalah coumarin, kandungan pada jenis cinnamomum yang bersifat racun dan dapat mengurangi kekentalan darah, bedanya pada cinnamomum zeylanicum kadar coumarin yang terkandung umumnya hanya sekitar 0.5%, beda halnya dengan cinnamomum cassia dimana kadar coumarin dapat berkisar hingga 5%.

2. Minyak Ikan
Minyak ikan sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, terutama pada anak yang sedang memulai masa pertumbuhan. Namun, bukan berarti dapat dikonsumsi sebanyak mungkin, karena ternyata kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan dapat berdampak negatif, bila terakumulasi dalam jumlah yang berlebihan, diantaranya adalah mampu menurunkan kekebalan tubuh, mengakibatkan keracunan bila dikombinasikan dengan makanan atau pun suplemen yang mengandung vitamin A, menyebabkan gangguan penglihatan dan mual.

3. Kopi
Telah kita ketahui bersama, kopi merupakan minuman yang dapat merangsang semangat, namun bukan berarti tanpa efek samping. Minum kopi berlebihan, yaitu dengan kisaran di atas 500 mg, ternyata dapat membawa dampak berbahaya bagi penikmatnya, diantaranya adalah tremor, insomnia, mual, dan pada kasus tertentu dikabarkan bahwa seorang wanita di Swedia, mengalami serangan jantung akibat mengonsumsi kopi dengan kadar kafein hingga 1000 mg.

4. Wortel
Tergolong sebagai sayuran, ternyata wortel akan menjadi sebuah 'ancaman' berbahaya bagi tubuh manusia bila dikonsumsi berlebihan. Hal ini disebabkan karena kandungan beta-karoten pada wortel, dimana bila dikonsumsi berlebihan kandungan beta-karoten akan menyebabkan terjadinya carotenemia, yaitu penumpukan jumlah karoten yang berlebih pada bagian lapisan kulit terluar, yang mengakibatkan kulit berubah warna menjadi kekuningan (oranye). Selain itu, bahaya dari kandungan beta-karoten yang berlebih pada tubuh dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, khususnya bagi para perokok.

5. Pala
Pala merupakan rempah yang berkhasiat untuk kesehatan, namun dapat menimbulkan dampak yang berbahaya bila dikonsumsi berlebihan. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa miristisin dan flunitrazepam pada pala yang termasuk dalam golongan obat penenang yang sangat kuat, serta bila dikombinasikan justru dapat memberikan efek racun bagi tubuh.

Demikianlah informasi tentang lima makanan sehat, yang ternyata dapat memberikan dampak berbahaya bagi tubuh, bila dikonsumsi berlebihan. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top