-->

Kebugaran Fisik, Syarat Utama Pertahankan Kesehatan Otak Para Pria

Advertisement
Kebugaran Fisik, Syarat Utama Pertahankan Kesehatan Otak Para Pria - Apakah Anda termasuk seseorang yang memperhatikan kebugaran fisik? Bila ya, maka informasi kali ini akan menjadi kabar gembira bagi Anda, para pria.
Kebugaran Fisik, Syarat Utama Pertahankan Kesehatan Otak Para Pria
Kebugaran Fisik, Syarat Utama Pertahankan Kesehatan Otak Para Pria
Berdasarkan studi ilmiah terbaru di yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Tsukuba (Jepang), dimana penelitian yang mempelajari lebih dalam tentang hubungan langsung antara aktivitas otak dan fungsi otak, dengan kebugaran fisik pada pria, mengungkapkan sebuah fakta menggembirakan, disebutkan bahwa para pria yang menjaga kebugaran fisiknya, dapat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan otak, sehingga akan membuat kemampuan otak menjadi lebih terjaga.

Dikutip dari situs Psychologytoday, berdasarkan pernyataan pemimpin penelitian tersebut, Prof. Dr. Hideaki Soya, memaparkan terdapat sebuah fenomena, yang dialami oleh pria dewasa saat mulai beranjak usia dan disebut dengan HAROLD (Hemispheric Hsymmetry Reduction in Older Adults), yang mencerminkan aktivitas reorganisasi pada otak manusia, sebagai kompensasi untuk mengurangi kapasitas dan efisiensi otak akibat penurunan struktural dan fisiologis serta berkaitan erat dengan usia.

Nah, setelah membandingkan hasil pengamatan terhadap 60 pria lanjut usia (64-74 tahun), pada pria yang memiliki fisik lebih bugar cenderung memiliki kemampuan mental yang lebih baik, bila dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebugaran fisik yang serupa. Hal ini diakibatkan karena, wilayah otak tertentu pada pria yang memiliki kebugaran fisik lebih baik, mampu mengurangi efek HAROLD,  penyebabnya dikarenakan aktivitas fisik dapat memperlancar aliran darah yang mengandung oksigen ke otak. Bahkan disebutkan pula, pria lanjut usia yang terjaga kebugaran fisiknya, menunjukkan aktivitas otak yang sama seperti saat pria tersebut masih muda.

Oleh sebab itu, bagi Anda para pria ada baiknya jika kini mulai untuk memperhatikan kebugaran fisik Anda, bagaimana caranya? Tentu saja, dengan melakukan olah raga rutin dan aktivitas fisik lainnya yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.
Advertisement
LihatTutupKomentar