Advertisement
5 Jenis Emosi Negatif Ini Mampu Mengacaukan Hidupmu Dalam Sekejap - Pada kehidupan sehari-hari, kita selaku manusia pastinya tak bisa melepaskan diri dari perubahan-perubahan emosi saat menjalani dinamika hidup. Rasa senang, marah, gembira atau pun sedih, merupakan beberapa contoh jenis reaksi emosi yang selalu berputar, dan dialami oleh semua orang di dunia ini.
5 Jenis Emosi Negatif Ini Mampu Mengacaukan Hidupmu Dalam Sekejap
5 Jenis Emosi Negatif Ini Mampu Mengacaukan Hidupmu Dalam Sekejap
Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis emosi negatif dan bagaimana dampaknya yang dapat mengubah hidup orang dalam sekejap, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu emosi. Bila mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), emosi diartikan sebagai luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat, masih berdasar sumber yang sama, emosi juga dapat berarti keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis. 

Namun, bila merujuk pada sumber informasi yang dilansir dari situs id.wikipedia.org, emosi sendiri berarti perasaan intens kepada seseorang atau pun suatu kejadian. Selanjutnya emosi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu: Emosi positif dan emosi negatif, dimana emosi positif ditujukan sebagai jenis (bentuk) emosi yang mengekspresikan sebuah perasaan menguntungkan, contohnya seperti senang, damai, dan bahagia. Emosi negatif sendiri merupakan jenis (bentuk) emosi yang menunjukkan perasaan kebalikan dari emosi positif, contohnya seperti, marah, sedih, kesal dan perasaan bersalah.

Emosi sendiri dapat memberikan pengaruh besar dalam mempengaruhi persepsi seseorang, dan pada akhirnya juga mampu mengubah perilaku atau tindakan kita. Nah, berdasarkan hal ini, maka 
akan sangat penting artinya bagi kita untuk mengenali beberapa jenis (bentuk) emosi negatif yang ternyata dapat "mengacaukan" hidup dalam sekejap, bila tak dikendalikan. Apa saja jenis emosi negatif tersebut? Berikut informasi selengkapnya, yang telah dirangkum oleh redaksi SpesialTips! dari berbagai sumber.

1. Marah
Emosi negatif yang dapat berdampak buruk bagi kita adalah perasaan marah. Bila tak terkendali, marah dapat merusak hidup seseorang, hal ini disebabkan karena berubahnya persepsi pada saat seseorang marah, terkadang membuat kekacauan pada penilaian dan tindakannya, dan pada akhirnya berujung pada tindakan yang dapat merugikan diri demi melampiaskan rasa marah tersebut.

2. Khawatir
Rasa khawatir sebenarnya dapat menjadi "rambu" bagi seseorang dalam bertindak, akan tetapi bila kekhawatiran tersebut menjadi berlebihan dan tidak terkendali, maka justru akan membawa dampak negatif dan merusak semua keputusan atau pun tindakan yang diambil. Tak jarang, rasa khawatir berlebihan, dapat membuat seseorang menjadi ragu, untuk membuat sebuah keputusan di saat-saat penting dalam hidupnya.

3. Frustrasi
Jenis emosi negatif lainnya yang dapat mengacaukan hidup adalah rasa frustrasi. Kegagalan berulang pada hal yang sama, terkadang dapat membuat seseorang menjadi merasa frustrasi. Bila sudah begini maka tak jarang bagi beberapa orang, akan memberikan dampak untuk memilih menyerah dalam usahanya.

4. Sedih
Semua orang pastinya pernah merasakan sedih, akan tetapi kesedihan yang tak terkendali ternyata mampu menjadi biang keladi kekacauan pada kehidupan seseorang. Kesedihan teramat sangat, juga mampu mengakibatkan munculnya berbagai macam persepsi negatif pada diri, dari keinginan untuk menyerah hingga menarik diri dari kehidupan sosial. Bahkan bagi beberapa orang yang tak mampu mengendalikan kesedihannya, dapat berujung pada keinginan untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

5. Takut
Pada dasarnya seorang manusia akan selalu menjumpai ujian (tantangan) dalam hidupnya, salah satu hal yang terkadang menjadi ujian dalam hidup adalah rasa takut. Entah dikarenakan takut untuk menghadapi kegagalan, atau pun takut karena hal lainnya, dapat membuat seseorang membuat kesalahan saat mengambil keputusan dan tindakan di saat-saat penting, akibatnya justru rasa takut tersebut mengacaukan seluruh hidupnya.

Demikianlah informasi tentang 5 Jenis Emosi Negatif, yang mampu membawa dampak buruk bagi hidup seseorang. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat, bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top