Advertisement
Tips Mencegah 'Autoplay' Video Pada Browser Chrome Dan Firefox - Pernah mengalami kejadian dimana saat mengunjungi sebuah situs, lalu tiba-tiba muncul sebuah video yang berjalan secara otomatis, padahal Anda sama sekali tak menekan tombol play pada video tersebut? Nah, terkadang kejadian ini sangat mengesalkan, dan membuat kinerja browser semakin "lelet".
Tips Mencegah 'Autoplay' Video Pada Browser Chrome Dan Firefox
Tips Mencegah 'Autoplay' Video Pada Browser Chrome Dan Firefox
Lantas, bagaimana caranya untuk mencegah video yang tampil secara otomatis, atau yang lebih dikenal dengan autoplay video tersebut? Berhubungan dengan pertanyaan ini, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi tips untuk mencegah autoplay video, khususnya bagi Anda pengguna browser Chrome dan Firefox. Berikut petunjuk selengkapnya langkah-langkah apa saja yang perlu Anda lakukan.

Mencegah Autoplay Video Pada Browser Chrome
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah buka browser Chrome Anda.
  2. Selanjutnya buka layanan Settings pada Chrome, dengan cara mengakses tombol kustomisasi yang ditandai dengan gambar tiga garis horisontal, di pojok kanan atas browser.
  3. Setelah masuk ke layanan pengaturan (Settings), perluas pilihan pengaturan dengan mengakses Show advanced settings.
  4. Bila semua menu pengaturan telah terlihat, lalu cari dan akses pada pilihan pengaturan yang bertuliskan Content settings.
  5. Selanjutnya, akan muncul sebuah kotak baru yang berisikan beberapa pilihan. Ubahlah pilihan (tanda centang) pada bagian Plugins, dengan memilih bagian yang bertuliskan Let me choose when to run plugin content.
  6. Langkah terakhir, simpan pengaturan dengan menekan tombol Done.
Agar lebih jelasnya perhatikan gambar pengaturan mencegah autoplay video berikut ini :
Tips Mencegah 'Autoplay' Video Pada Browser Chrome Dan Firefox
Mencegah Autoplay Video Pada Browser Chrome
Nah, setelah Anda melakukan perubahan pengaturan pada browser Chrome tersebut, kini setiap kali masuk ke sebuah situs yang terdapat video secara autoplay, maka tampilan video tersebut akan berubah dan terdapat notifikasi yang meminta ijin Anda terlebih dahulu untuk menjalankan plugin video tersebut. Berikut contoh tampilan setelah melakukan pengubahan pengaturan pada browser Chrome.

Tips Mencegah 'Autoplay' Video Pada Browser Chrome Dan Firefox
Contoh Tampilan Setelah Melakukan Pengubahan Pengaturan Pada Browser Chrome

Mencegah Autoplay Video Pada Browser Firefox
Berbeda dengan pengaturan browser lainnya, Firefox pada versi terbaru tak memiliki layanan pengaturan untuk mencegah (menonaktifkan) autoplay video. Lantas, apa bagaimana solusi mencegah video yang terdapat pada sebuah situs berjalan secara otomatis? Langkah terbaik untuk melakukan pencegahan autoplay video tersebut adalah dengan menambahkan perangkat tambahan atau add-ons

Terdapat berbagai macam perangkat tambahan (add-ons) pada browser Firefox untuk mengatur video yang berjalan pada sebuah situs, dimana umumnya video yang berjalan secara otomatis tersebut menggunakan teknologi flash shockwave dan video HTML5. Disarankan kepada Anda untuk menggunakan perangkat tambahan (add-ons) yang bernama FlashStopper untuk mencegah autoplay video apabila Anda mengakses sebuah situs, yang terdapat video dengan fitur autoplay di dalamnya.
Tips Mencegah 'Autoplay' Video Pada Browser Chrome Dan Firefox
Mencegah Autoplay Video Pada Browser Firefox
Cukup dengan memasang perangkat tambahan tersebut pada browser Firefox pada komputer Anda, maka secara otomatis pula video dengan fitur autoplay akan dapat dicegah (dinonaktifkan). Namun, bila Anda ingin melihat video tersebut, hal yang perlu dilakukan adalah mengatur pengecualian situs tertentu. Berikut contoh tampilan menggunakan perangkat tambahan (add-ons) FlashStopper pada browser Firefox.
Tips Mencegah 'Autoplay' Video Pada Browser Chrome Dan Firefox
Contoh Tampilan Menggunakan Perangkat Tambahan (add-ons) FlashStopper Pada Browser Firefox
Nah, bagaimana mudah bukan? Kini Anda tak akan lagi dikesalkan dengan video yang tiba-tiba tampil saat masuk ke sebuah situs. Demikian informasi singkat tentang Tips Mencegah 'Autoplay' Video Pada Browser Chrome Dan Firefox, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Wahh..makasih bang..emg kadang2 nyusahin video yg autoplay,,jaman internetan kuota begini..hehhe..

    klo sempat mampir http://prassta.blogspot.com

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top