Advertisement
Ingin Tahu Tingkat Polusi Udara Di Dunia, Gunakan Peta Interaktif Ini - Salah satu berita yang akhir-akhir ini menjadi perhatian di Indonesia adalah bencana kabut asap yang menimpa sebagian wilayah Sumatera, bahkan kini dampak kabut asap tersebut, telah sampai ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Membahas tentang kabut asap, maka akan erat berkaitan dengan polusi udara yang dapat berpengaruh bagi kesehatan manusia.
Ingin Tahu Tingkat Polusi Udara Di Dunia, Gunakan Peta Interaktif Ini
Tampilan Peta Interaktif World Air Quality Index
Berhubungan dengan polusi udara, maka baru-baru ini sebuah organisasi non-profit bernama Air Quality Index China (AQICN) yang berbasis di Beijing (China), meluncurkan sebuah peta interaktif yang tampil secara real-time, dimana peta ini mampu menunjukkan tingkat polusi udara di seluruh dunia yang secara otomatis ter-update setiap 15 menit. Selain itu, peta besutan AQICN tersebut juga dapat menampilkan indeks kualitas masing-masing tempat di dunia, dengan hanya menggunakan klik pada mouse komputer Anda. Untuk mengaksesnya sahabat sekalian dapat mengikuti tautan resmi Peta Word Air Quality Index ini

Acuan indeks tingkat polusi udara yang digunakan oleh peta interaktif unik ini, didasarkan pada skala indeks kualitas udara U.S. Environmental Protection Agency, dimana perhitungan indeks kualitas udara tersebut diukur berdasar lima sumber utama polutan (bahan penyebab polusi) yaitu, tingkat ozon di permukaan tanah, partikel polusi, kadar karbon monoksida, kadar sulfur monoksida, dan kadar nitrogen dioksida, dimana informasi tersebut dihitung untuk menentukan tingkat kualitas udara setiap lokasi dan efek kesehatan yang mungkin dapat diderita oleh penduduk di lokasi tersebut. Selanjutnya, skala indeks yang digunakan sebagai acuan pada peta kualitas udara dunia tersebut menggunakan beberapa warna sebagai petunjuk tingkat kualitas udara dan pengaruhnya terhadap kesehatan, diantaranya adalah:

» Hijau : 0 - 50 (Baik)
Warna hijau pada indeks kualitas udara, menunjukkan tingkat polusi udara yang rendah, dan memiliki risiko terhadap kesehatan yang sangat kecil atau bahkan tidak ada.
» Kuning Emas : 51 - 100 (Sedang)
Warna kuning pada indeks kualitas udara, menunjukkan tingkat polusi udara yang masih dapat diterima, namun dapat berpengaruh untuk kesehatan, bagi orang-orang yang sensitif terhadap polusi udara.
» Oranye : 101 - 150 (Tidak Sehat Untuk Orang Yang Sensitif)
Warna oranye pada indeks kualitas udara, menunjukkan tingkat polusi tidak sehat, khususnya bagi mereka yang sensitif terhadap polusi udara.
» Merah : 151 - 200 (Tidak Sehat)
Warna merah pada indeks kualitas udara, menunjukkan tingkat polusi yang tinggi, dan tidak sehat bagi siapapun.
» Ungu (Violet) : 201 - 300 (Sangat Tidak Sehat)
Warna ungu (violet) pada indeks kualitas udara, menunjukkan peringatan tingkat polusi yang sangat tinggi dan juga sangat tidak sehat bagi kesehatan.
» Merah Marun : 300+ (Berbahaya)
Warna merah marun pada indeks kualitas udara, menunjukkan tingkat polusi yang sangat tinggi dan berbahaya bagi kesehatan.

Bagaimana, ingin mencoba peta interaktif tersebut, untuk melihat tingkat polusi di lokasi Anda? Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top