Advertisement
Google Docs Makin Canggih Dengan Fitur Voice Typing - Pernahkah Anda membayangkan membuat sebuah dokumen dalam bentuk teks pada komputer Anda tanpa harus bersusah payah mengetikkannya melalui papan ketik Anda? Nah, berkaitan dengan hal tersebut, maka Google melalui fasilitasnya Google Docs, kini telah merilis sebuah fitur canggih yang diberi nama Voice Typing.
Google Docs Makin Canggih Dengan Fitur Voice Typing
Fitur Voice Typing Di Google Docs
Diumumkan pada hari rabu (02/09/2015), fitur canggih Voice Typing ini disebutkan mampu mendukung 40 jenis bahasa, dan pastinya akan sangat membantu Anda yang sehari-hari bekerja membuat ataupun mengedit dokumen. Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Voice Typing pada Google Docs ini? Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan dan menggunakan Voice Typing tersebut melalui komputer.

Cara Menggunakan Fitur Voice Typing di Google Docs


» Sebelum memulai menggunakan voice typing, maka pastikan terlebih dahulu Anda telah mengaktifkan mikrofon pada komputer Anda.

» Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah, membuka dokumen baru melalui Google Docs

» Setelah muncul dokumen baru, hal yang perlu Anda lakukan adalah membuka pilihan menu, lalu pilihlah pada bagian Tools, maka akan muncul daftar pilihan dimana salah satunya adalah fitur voice typing. Lakukan pilihan pada fitur tersebut.

» Sesaat setelah fitur voice typing aktif, maka akan muncul sebuah kotak dengan gambar mikrofon, yang perlu Anda lakukan untuk memulai membuat sebuah tulisan dengan suara adalah, menekan gambar mikrofon tersebut, dan memulai berbicara.

» Hal yang perlu diperhatikan saat berbicara yaitu artikulasi dan kejelasan suara Anda, selain itu disarankan untuk berada di tempat yang tenang, guna menghindari suara dari luar yang masuk ke mikrofon sehingga akan mengganggu kinerja voice typing. Untuk jelasnya, perhatikan pula penjelasan gambar berikut.
Google Docs Makin Canggih Dengan Fitur Voice Typing

Cara Menggunakan Fitur Voice Typing di Google Docs

Salah satu hal, yang menjadi catatan untuk Anda perhatikan juga saat bekerja membuat dokumen, dengan fitur Voice Typing ini adalah perintah tanda baca yang harus menggunakan bahasa Inggris, diantaranya adalah: Period, Comma, Exclamation point, Question mark, New line, New paragraph. Selain itu, bila muncul pemberitahuan yang menyatakan Voice Typing tidak dapat mengenali bahasa yang Anda gunakan, maka coba terlebih dahulu untuk melakukan pengaturan bahasa dengan mengakses File lalu sesuaikan bahasa yang akan di gunakan pada pilihan Language.

Nah, penasaran ingin menggunakannya? Sebagai informasi tambahan, selain pada komputer, kecanggihan fitur Voice Typing ini juga dapat dinikmati oleh pengguna smartphone dan tablet berbasis Android dan iOS.

Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top