Advertisement
Daun Gatal, Rahasia Alami Dari Papua Untuk Hilangkan Pegal - Berbicara tentang pemanfaatan bahan alami sebagai obat-obatan, maka mungkin Papua dapat dikatakan sebagai gudangnya obat berbahan alami tersebut, misalnya saja pemanfaatan Buah Merah (Pandanus Conoideus) yang diambil sarinya, dan berguna untuk menjadi obat non kimiawi dimana buah yang banyak dijumpai di daerah Wamena (Papua) ini, ternyata manjur untuk meredakan serta mengobati berbagai macam jenis penyakit. Tidak hanya itu saja, bahan alami yang juga dimanfaatkan menjadi obat yang berasal dari tanah Papua adalah sarang semut (Myrmecodia Pendans) yang ternyata mengandung Flavonoid, antioksidan, serta vitamin dan mineral dan berguna sebagai obat alami penangkal penyakit berbahaya bagi tubuh manusia.
'Daun Gatal' Rahasia Alami Dari Papua Untuk Hilangkan Pegal
'Daun Gatal' Rahasia Alami Dari Papua Untuk Hilangkan Pegal
Dari beberapa contoh pemanfaatan bahan alami untuk kesehatan oleh masyarakat Papua di atas, ternyata masih banyak lagi rahasia yang belum terungkap terkait pemanfaatannya sebagai obat. Berkaitan tentang hal ini, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang salah satu khasiat bahan alami yang sering digunakan masyarakat asli Papua sebagai obat penghilang rasa pegal pada badan.

Adalah 'daun gatal' yang termasuk dalam spesies Laportea Decumana, yaitu daun yang berasal dari pohon yang tumbuh di Papua (Papua Barat). Pemanfaatan bahan alami 'daun gatal' oleh masyarakat Papua ini telah dilakukan secara turun temurun, dan biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa pegal seusai beraktifitas. Alasan mengapa 'daun gatal' dapat menghilangkan pegal-pegal pada badan adalah dikarenakan kandungan asam formiat atau yang dikenal juga sebagai 'asam semut', dimana asam semut ini terdapat pada kelenjar duri pada permukaan daun gatal. Nah, saat duri yang mengandung asam formiat tersebut terkena pada kulit, maka jenis asam tersebut akan seketika melebarkan pori-pori dan merangsang peredaran darah untuk berjalan lebih lancar, sehingga secara signifikan berpengaruh menghilangkan rasa pegal tersebut.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Sangat mudah sahabat SpesialTips! sekalian, hanya dengan mengusapkan atau menggosokkan ke bagian tubuh yang merasa pegal. Hanya saja, seusai menggosokkan daun tersebut akan terasa sensasi rasa gatal dan sedikit panas, namun dengan sedikit menahan rasa tersebut sekitar lima hingga sepuluh menit, maka secara perlahan-lahan rasa gatal dan panas akan berangsur hilang, seiring dengan hilangnya rasa pegal pada bagian tubuh yang telah digosokkan oleh daun tersebut. Nah, selain penghilang rasa pegal, 'daun gatal' juga digunakan oleh masyrakat asli Papua untuk menghilangkan nyeri akibat proses persalinan pada wanita.

Bila Anda sering merasakan pegal-pegal dan nyeri pada bagian tertentu pada tubuh, maka tak ada salahnya untuk mencoba 'daun gatal' dari Papua sebagai bahan alami mengobati keluhan pegal-pegal dan nyeri tersebut. Nah, demikianlah informasi singkat tentang Daun Gatal, Rahasia Alami Dari Papua Untuk Hilangkan Pegal, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top