Advertisement
Cenderung Menggunakan 'Kepala' Atau 'Hati'? Inilah Perbedaannya - Membahas tentang kepribadian manusia, maka akan banyak sekali dijumpai misteri yang menarik di dalamnya. Secara umum kepribadian sendiri dapat diartikan sebagai keseluruhan cara bereaksi dan berinteraksi salah satu individu dengan individu lainya. Nah, diantara cara bereaksi dan berinteraksi tersebut, biasanya akan dipengaruhi dengan dua hal utama, yaitu 'Kepala' atau 'Hati'.
Cenderung Menggunakan 'Kepala' Atau 'Hati'
Kepala Atau Hati?
Bila umumnya pria cenderung lebih banyak menggunakan kepala alias lebih mendahulukan nalarnya dalam bertindak, dan berbanding terbalik dengan wanita yang lebih banyak menggunakan hati (perasaan) pada setiap tindakan maupun keputusan yang dibuat, sehingga lebih emosional dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan dominansi kerja otak yang berbeda antara pria dan wanita.

Berkaitan tentang konsep 'kepala' dan 'hati' tersebut, maka terdapat sebuah hasil penelitian yang berhasil menemukan petunjuk kepribadian seseorang, apakah ia lebih banyak menggunakan kepala atau hatinya, berdasarkan kuisioner yang dilakukan terhadap mahasiswa North Dakota State University. Terungkap pula dari penelitian lainnya, bahwa pola berpikir dengan kepala ataupun hati, dapat mempengaruhi pandangan tertentu seperti politik dan empati seseorang.

Nah, berdasarkan sumber informasi yang dikutip dari hufftingtonpost.com, disebutkan beberapa perbedaan kepribadian antara orang-orang dengan kecenderungan menggunakan kepala atau hati. Berikut selengkapnya.

Orang yang cenderung menggunakan 'Kepala'
  • Menggolongkan diri mereka sebagai orang yang lebih rasional dan pribadi independen.
  • Menyukai tantangan yang bersifat intelektual.
  • Selalu mempertimbangkan logika dan perbandingan rasional ketika membuat keputusan, dibandingkan  dengan membuat pilihan berdasarkan apa yang mereka rasakan.
  • Memiliki pengetahuan yang luas terkait dengan pengetahuan umum, dan biasanya memiliki nilai rata-rata yang tinggi saat masih sekolah.
  • Cenderung lebih tertarik dengan orang-orang dengan kecerdasan yang sama.
Orang yang cenderung menggunakan 'Hati'
  • Karakter diri cenderung emosional dan termasuk seseorang yang ramah pada orang lain.
  • Lebih menekankan pada keintiman interpersonal dalam hubungan mereka, seperti membahas bagaimana perasaan mereka terhadap orang lain.
  • Lebih mengedepankan rasa dalam membuat keputusan.
  • Memiliki emosi yang bersifat negatif lebih besar, saat menghadapi tekanan.
  • Cenderung mempunyai kehidupan sosial yang lebih luas.
Nah, Anda termasuk yang mana? Orang yang cenderung menggunakan 'Kepala'? Atau justru lebih menemukan kecocokan karakter dengan si pengguna 'Hati'?

Demikianlah informasi singkat tentang perbedaan kecenderungan konsep kepribadian, antara 'Kepala' dan 'Hati'. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top