Advertisement
Terungkap Cara Mengurangi Rasa Takut Anak Terhadap Pelajaran Matematika - Apakah Anda termasuk salah satu anak yang takut dengan pelajaran matematika, saat masih menjadi murid sekolah dasar atau menengah dulu? Bila ya, boleh jadi kini Anda mengalami kesulitan untuk mengajarkan kepada anak Anda terkait pelajaran yang dianggap susah dan menakutkan tersebut.

Cara Mengurangi Rasa Takut Anak Terhadap Pelajaran Matematika
Terungkap Cara Mengurangi Rasa Takut Anak Terhadap Pelajaran Matematika
Berhubungan dengan rasa takut terhadap pelajaran matematika, yang banyak dialami oleh anak-anak di tingkat sekolah dasar dan menengah, ternyata juga menjadi perhatian bagi para peneliti untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Nah, berdasarkan salah satu hasil studi ilmiah yang dipublikasikan pada The Journal of Neuroscience, terungkap cara mengurangi rasa takut anak terhadap pelajaran matematika, yang tak jarang menjadi "hantu menyeramkan" bagi anak-anak.

Pada hasil penelitian tersebut, disebutkan bahwa cara efektif untuk mengurangi kecemasan (akibat rasa takut) terhadap pelajaran matematika, adalah dengan memberikan tambahan les matematika pada anak yang memiliki masalah tersebut. Pasalnya, dengan les atau bimbingan belajar pelajaran matematika yang lebih intensif, ternyata dapat berpengaruh secara signifikan untuk mengurangi rasa tegang dan memberikan efek untuk mengubah persepsi rasa takut mereka terhadap pelajaran matematika.

Cara ini ditemukan, melalui pengujian terhadap anak-anak pada tingkat sekolah dasar, dengan mengamati dan memindai amigdala (bagian di otak yang bertanggung jawab terhadap rangsangan rasa takut dan emosi) anak yang memiliki kecemasan yang tinggi serta anak dengan kecemasan yang rendah, terhadap pelajaran matematika. Hasilnya, aktivasi amigdala menjadi lebih tinggi pada anak yang memiliki rasa takut yang lebih besar terhadap pelajaran matematika, namun dengan diberikan les (bimbingan belajar) yang intensif kepada masing-masing anak selama tiga kali seminggu, didapatkan hasil yang menggembirakan setelah delapan minggu les (bimbingan belajar) ke tiap anak tersebut, yaitu meningkatnya kemampuan mereka untuk mengerjakan soal matematika. Perubahan lainnya adalah berkurangnya rangsangan aktif terhadap amigdala, sehingga tingkat kecemasan menjadi semakin kecil, bahkan dapat menghilangkan kecemasan sama sekali.

Nah, bila Anda memiliki anak, dengan masalah rasa takut terhadap pelajaran matematika, maka cara ini dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, yang perlu diperhatikan, les atau bimbingan belajar tersebut sebaiknya dilakukan secara privat dan intensif.

Demikianlah informasi singkat tentang Cara Mengurangi Rasa Takut Anak Terhadap Pelajaran Matematika, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top