Advertisement
5 Manfaat Sehat Kopi Yang Telah Terbukti Secara Ilmiah - Menikmati satu atau dua cangkir kopi bagi kebanyakan orang, dianggap sebagai kebiasaan yang dapat membawa dampak ketergantungan, terkait dengan kandungan kafein yang terdapat dalam kopi. Namun, bagi Anda para penikmat minuman yang memiliki nama ilmiah Coffea.sp tak perlu khawatir dengan kebiasaan minum kopi tersebut, pasalnya akan banyak sekali manfaat yang bisa didapati dari kebiasaa minum kopi, dimana salah satunya memberikan manfaat positif untuk kesehatan Anda.
5 Manfaat Sehat Kopi Yang Telah Terbukti Secara Ilmiah
5 Manfaat Sehat Kopi Yang Telah Terbukti Secara Ilmiah
Membahas tentang manfaat sehat kopi, mungkin akan banyak dijumpai berbagai macam artikel dan situs yang mencatatkannya, akan tetapi diantara beragam tulisan tersebut jarang sekali yang terdapat di dalamnya membahas tentang manfaat sehat kopi yang disertai dengan pembuktian secara ilmiah. Nah, berhubungan dengan hal ini, juga sekaligus untuk membuktikan kebenaran manfaat sehat kopi, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang 5 Manfaat Sehat Kopi Yang Telah Terbukti Secara Ilmiah, yang dirangkum dari situs huffingtonpost.com. Berikut informasi selengkapnya.

5 Manfaat Sehat Kopi Yang Telah Terbukti Secara Ilmiah


1. Mengurangi risiko terserang stroke
Berdasarkan hasil studi yang telah dipublikasikan di tahun 2003 pada jurnal ilmiah yang membahas tentang stroke (stroke.ahajournals.org), disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi dalam jumlah sedikit lebih tinggi setiap harinya akan mengurangi risiko terkena serangan stroke, bila dibandingkan dengan mereka yang jarang meminum kopi.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit diabetes
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Harvard School of Public Health pada tahun 2014 lalu, disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir per hari selama empat tahun, memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2 selama empat tahun berikutnya, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak menambah jumlah konsumsi kopi. Selain itu, pada penelitian tersebut juga didapati sebuah fakta yang mengungkapkan bagi mereka yang mengurangi asupan kopi lebih dari secangkir per hari , maka akan mengakibatkan risiko 17 persen lebih tinggi menjadi penderita diabetes tipe 2.

3. Salah satu cara mengurangi kerusakan gigi
Mungkin selama ini Anda berpendapat kopi dapat merusak kesehatan gigi, namun faktanya berdasarkan sebuah hasil studi ilmiah yang dipublikasikan pada Journal of Conservative Dentistry dan dapat dibaca langsung melalui situs ncbi.nlm.nih.gov, mengungkapkan bahwa kopi hitam dapat membantu mengurangi kerusakan gigi, namun disarankan untuk tidak menambahkan gula dan susu akan memberikan efek kontraproduktif.

4. Mengurangi risiko terkena kanker payudara
Bagi Anda wanita penikmat kopi, khususnya kopi rebus Skandinavia, ataupun kopi dengan citarasa yang kuat seperti pada penyajian kopi Prancis, Turki, atau Yunani, sebanyak lebih dari empat kali selama dalam satu hari, maka Anda akan memperkecil risiko terkena kanker payudara, bila dibandingkan dengan wanita yang minum kopi kurang dari sekali dalam satu hari. Hal ini dibuktikan dengan hasil studi ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah Cancer Causes & Control (CCC), di tahun 2010 yang lalu.

5. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
Menurut sebuah studi pada bulan Maret 2015 yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Heart menyebutkan bahwa, minum 3 hingga 4 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko terkena penyumbatan arteri, yaitu salah satu indkator dari penyakit jantung. Selain itu pada hasil penelitan sebelumnya di tahun 2006 yang diterbitkan pada The American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan wanita pasca menopause yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari, dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler dan penyakit inflamasi lainnya.

Demikianlah informasi yang dapat redaksi SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan untuk sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top