Advertisement
Ternyata Bermanfaat, Jangan Anggap Aneh Bicara Sendiri - Mungkin agak sedikit aneh melihat judul artikel kali ini, pasalnya bicara sendiri umumnya diidentikkan dengan kelakukan orang yang sedang mengalami masalah dengan mental atau kejiwaannya. Namun, tahukah Anda bahwa tak selamanya bicara sendiri itu menandakan kelainan mental, faktanya bicara sendiri juga kerap dilakukan oleh seseorang yang sehat, bahkan menurut para ahli bicara sendiri dikaitkan dengan tanda seseorang yang cerdas.
Ternyata Bermanfaat, Jangan Anggap Aneh Bicara Sendiri
Ternyata Bermanfaat, Jangan Anggap Aneh Bicara Sendiri
Dikutip dari situs livescience.com, berdasarkan penelitian para ahli disebutkan bahwa berbicara sendiri merupakan sebuah kebiasaan, yang secara alami telah dimiliki seseorang. Hal ini dibuktikan dari kebiasaan anak kecil yang kerap berbicara sendiri, dan kebiasaan tersebut adalah cara si anak dalam proses belajarnya. Nah, bicara sendiri waktu seseorang kecil ini yang kadang terbawa hingga dewasa. Lantas apa manfaat dari bicara sendiri? Berdasarkan dari sumber yang sama, berikut adalah tiga manfaat dari kebiasaan bicara sendiri, yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Membantu Menyalurkan Emosi
Pernah kesal terhadap seseorang ataupun kesal akan sebuah kejadian, lalu Anda ngedumel alias menggerutu? Nah, itulah salah satu bentuk dari bicara sendiri, dan berguna sebagai penyaluran emosi. Namun, sebagai catatan penting jangan sampai kekesalan yang diluapkan melalui bicara sendiri ini, justru menambah emosi Anda.

2. Meningkatkan Kemampuan Otak
Mungkin Anda pernah mengerjakan tugas sambil menyebutkan hal-hal apa saja yang akan atau sedang dilakukan? Bila ya, maka kebiasaan tersebut juga merupakan bentuk bicara sendiri. Nah, manfaat lain dari bicara sendiri ternyata dapat membantu kerja otak untuk lebih fokus, seperti pada saat orang menulis dengan membaca apa yang dia tuliskan. Selain itu, manfaat bicara sendiri bagi otak, adalah mampu meningkatkan kemampuan otak untuk lebih fokus dalam mengingat (memori).

3. Mengurangi Kecemasan dan Menambah Motivasi
Pernah gugup atau grogi ketika bersiap-siap untuk melakukan sesuatu yang penting? misalnya seperti memberikan pidato di depan banyak orang? Atau mungkin cemas ketika akan menghadapi ujian? Bila ya, maka mungkin Anda perlu mencoba untuk berbicara pada diri sendiri, karena ternyata bicara sendiri termasuk cara yang efektif untuk mengurangi kecemasan dan juga dapat menambah motivasi untuk melalui hari penting Anda.

Bagaimana? Masih menganggap bicara sendiri sebagai hal yang aneh? Eits, mungkin saja kini Anda sedang bicara sendiri dan mulai mengubah pandangan aneh tersebut. Nah, demikianlah informasi singkat tentang kebiasaan bicara sendiri, semoga dapat memberikan manfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top