Advertisement
5 Tanda Seseorang Membutuhkan Psikoterapi - Membahas tentang psikoterapi, maka pastinya akan berhubungan dengan masalah mental (kejiwaan) seseorang. Secara umum psikoterapi diartikan sebagai serangkaian metode berdasarkan ilmu-ilmu psikologi yang digunakan untuk mengatasi gangguan kejiwaan atau mental seseorang (wikipedia). Bagi kebanyakan orang Indonesia, melakukan konsultasi ke tenaga psikolog mungkin bukan merupakan hal lumrah dilakukan, hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan terkait masalah gangguan mental, padahal nyeri di bagian tubuh tertentu, pandangan terkadang berkunang-kunang, hingga demam dapat menjadi salah satu tanda seseorang mengalami gangguan mental (kejiwaan) dan membutuhkan bantuan psikoterapi.
5 Tanda Seseorang Membutuhkan Psikoterapi
5 Tanda Seseorang Membutuhkan Psikoterapi
Nah, berkaitan dengan masalah di atas, maka deteksi dini terhadap gangguan mental (kejiwaan) akan sangat bermanfaat untuk mempermudah penanganan masalah tersebut. Oleh karena itu, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang 5 Tanda Seseorang Membutuhkan Psikoterapi, yang dikutip dari situs huffingtonpost.com dan majalah Medical Self-Care. Apa saja tanda-tanda (gejala) tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Selalu merasa tegang, cemas dan hilangnya kendali atas hal tersebut
Semua orang pasti pernah merasakan sedih ataupun marah, namun apakah perasaan tersebut semakin sering dan membuat Anda merasa tegang dan cemas sepanjang waktu? Bila ya, mungkin sebaiknya Anda mencoba mempertimbangkan untuk melakukan psikoterapi.

2. Pernah mengalami trauma, namun tak bisa berhenti memikirkannya
Bagi beberapa orang, rasa kehilangan terhadap orang terdekat dapat menjadi sebuah trauma yang sulit untuk dilupakan. Tak jarang, keadaan tersebut dapat membuat seseorang untuk menarik diri dari lingkungannya, dan memiliki kecenderungan untuk menutup diri, hal ini termasuk salah satu tanda awal seseorang membutuhkan bantuan psikoterapi.

3. Mengalami sakit kepala berulang, sakit perut serta menurunnya sistem kekebalan tubuh tanpa sebab
Beberapa masalah psikis terkadang akan berdampak terhadap kesehatan fisik. Diungkapkan dari beberapa penelitian bahwa stres dapat mengakibatkan berbagai penyakit fisik seperti, nyeri pada leher, pilek hingga sakit kepala.

4. Merasa pekerjaan menjadi masalah buruk
Lingkungan kerja terkadang memberikan dampak terhadap kejiwaan seseorang, bukan hal asing lagi bila feedback negatif dari rekan ataupun bos di tempat kerja Anda dapat membuat stres. Namun bila hal intensitas merasakan pekerjaan menjadi masalah semakin tinggi, maka ada baiknya bila Anda mulai berkonsultasi terkait masalah tersebut.

5. Munculnya krisis emosional seperti merasa kesepian, serta perasaan terasing dari kehidupan sosial
Tanda lainnya seseorang membutuhkan bantuna psikoterapi yaitu munculnya perasaan kesepian, dan merasa terasing dari kehidupan sosial. Hal ini mungkin saja disebabkan karena rasa stres terhadap kehidupan sosial seseorang. Bila keadaan ini terjadi berlarut-larut, maka kemungkinan besar masalah gangguan mental lebih berat akan dialami.

Nah, demikianlah informasi tentang 5 Tanda Seseorang Membutuhkan Psikoterapi, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top