Advertisement
4 Masalah Paling Sering Dihadapi Pengguna Android Dan Cara Mengatasinya - Penggunaan smartphone Android kini makin menjamur, bukan hal baru lagi bila kini banyak orang mulai beralih meninggalkan ponsel lama mereka untuk menggunakan gadget dengan sistem operasi Android. Berbagai kelebihan dan banyaknya aplikasi bermanfaat yang dapat dijalankan pada smartphone Android, menjadi alasan paling umum disebutkan, oleh penikmat sistem operasi besutan Google tersebut.
4 Masalah Paling Sering Dihadapi Pengguna Android Dan Cara Mengatasinya
4 Masalah Paling Sering Dihadapi Pengguna Android Dan Cara Mengatasinya
Namun, dari kecanggihan serta kelebihan Android, ternyata memiliki beberapa masalah umum yang terkadang membuat kesal penggunanya. Dari masalah aplikasi yang dipenuhi dengan iklan yang dianggap mengganggu, hingga pada masalah daya baterai pada smartphone Android yang cepat terkuras. Nah, berhubungan dengan beberapa kendala yang sering dijumpai pengguna Android, maka kali ini SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang Masalah Paling Sering Dijumpai Pengguna Android Dan Cara Mengatasinya. Apa saja masalah serta solusi pada Android tersebut? Berikut selengkapnya.

» Masalah gambar dan teks yang terlalu kecil
Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna Android adalah tampilan gambar dan teks yang terlihan sangat kecil, sehingga menyulitkan pengguna ponsel Android dengan layar sentuhnya. Nah, bila Anda masih belum mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya, maka cobalah melakukan beberapa pengaturan pada smartphone Anda dengan mengaktifkan fitur zoom, yaitu dengan masuk ke pilihan Settings, lalu lanjutkan dengan masuk ke pilihan Accessibility, langkah terakhir aktifkan fitur zoom. Hal yang perlu diperhatikan pada jenis Android tertentu fitur zoom dapat diaktifkan dengan mengaktifkan Magnitifion gestures. Apabila fitur zoom tersebut telah diaktifkan, maka Anda hanya perlu melakukan tiga kali sentuhan (tap) cepat untuk memperbesar gambar ataupun teks pada layar smartphone Android Anda.

» Masalah pada daya baterai yang cepat habis
Daya baterai, merupakan masalah terbesar yang paling sering dikeluhkan pengguna Android. Tak disadari oleh pengguna smartphone Android, terkadang kebiasaan menjalankan aplikasi hingga beberapa pengaturan pada ponsel adalah hal utama penyebab cepatnya daya baterai habis. Lantas, bagaimana cara menangani masalah pada daya baterai tersebut? Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat mempertahankan daya baterai agar tak cepat habis, diantaranya adalah dengan cara berikut:

  1. Lakukan pemeriksaan terhadap penggunaan daya baterai, yaitu dengan memeriksa kinerja baterai terbanyak digunakan pada aplikasi apa? Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihatnya melalui Settings, lalu masu ke pilihan Battery, selanjutnya akan muncul informasi tentang daftar penggunaan baterai. Apabila menurut Anda terdapat penggunaan daya baterai yang cukup besar pada aplikasi yang tidak terlalu penting, maka Anda dapat segera menghentikan aplikasi yang berjalan tersebut, untuk menghemat penggunaan daya baterai.
  2. Mengurangi penggunaan konektifitas, dengan memastikan Bluetooth, GPS serta Wi-fi dalam keadaan mati, sebab daya baterai pada ponsel akan terkuras lebih cepat, akibat dari pencarian konektifitas yang terjadi secara otomatis.
  3. Mengoptimalkan kinerja pada layar, diantaranya adalah dengan mengurangi kecerahan (brightnes) pada layar, memasang latar belakang (background) dengan warna-warna gelap, serta memasang pengaturan time out pada layar, sehingga kinerja baterai dapat lebih dihemat.
» Masalah pada temperatur smartphone yang cepat panas

Masalah lainnya yang kerap dikeluhkan oleh pengguna smartphone Android, adalah ponsel yang terasa cepat panas. Nah, bila diantara Anda mengalami keadaan yang serupa, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dulu, apakah terdapat aplikasi yang belum dimatikan. Selain itu, menggunakan ponsel saat melakukan pengisian daya baterai, adalah alasan lain mengapa ponsel terasa cepat panas, disarankan untuk menghindari aktifitas dengan ponsel yang sedang mengisi daya, karena kebiasaan tersebut juga dapat membuat umur baterai tak bertahan lama.

» Masalah iklan yang kerap mengganggu
Masalah yang tak kalah menjengkelkan adalah iklan yang sering muncul, terutama pada saat browsing dan membuka aplikasi. Cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut, adalah dengan memasang aplikasi khusus untuk menghilangkan iklan, salah satunya adalah Adblock Plus.

Nah, demikianlah informasi tentang beberapa Masalah Paling Sering Dijumpai Pengguna Android Dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca SpesialTips! sekalian
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top