Advertisement
Memiliki Usia Yang Sama, Tapi Terlihat Lebih Tua? Inilah Alasannya - Apakah Anda pernah mendapati beberapa teman Anda memiliki wajah yang tampak lebih muda? Atau justru sebaliknya, di usia yang sama dengan teman, tapi wajahnya terlihat lebih tua dari dari Anda? Bila ya, maka kini para peneliti telah menemukan alasan mengapa keadaan tersebut dapat terjadi.
Memiliki Usia Yang Sama, Tapi Terlihat Lebih Tua?
Memiliki Usia Yang Sama, Tapi Terlihat Lebih Tua?
Dikutip dari situs time.com, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences, dikemukakan alasan mengapa seseorang mengalami penuaan lebih cepat dibandingkan orang lain yang memiliki usia yang sama. Pada penelitian yang dilakukan di Dunedin, Selandia Baru tersebut, terdapat 954 orang yang lahir pada tahun 1972 - 1973 menjadi materi uji  untuk melakukan perbandingan penuaan yang terjadi, melalui 18 jenis tes berbeda, yang mampu menunjukkan seberapa cepat penuaan seseorang, termasuk menghitung tekanan darah, fungsi paru-paru, kolesterol, indeks massa tubuh, peradangan yang mungkin terjadi dan integritas DNA mereka.

Hasilnya, pada beberapa orang penuaan secara biologis memang benar terjadi lebih cepat. Namun terdapat pula hasil menggembirakan, dimana sejumlah peserta  lainnya dari penelitian tersebut, justru mengalami penuaan yang lebih lambat alias awet muda. Dijelaskan oleh pemimpin penelitian tersebut, Daniel Belsky, ternyata 80 persen penyebab penuaan yang lebih cepat bukanlah karena faktor genetik, dan dapat dikendalikan. Disebutkan pula kebiasaan-kebiasaan yang mempengaruhi mengapa seseorang lebih terlihat muda (penuaan melambat) adalah pola makan yang sehat (rendah lemak dan garam), menjaga berat badan, tidak mengalami stres, berolah raga secara teratur, serta memiliki kekebalan tubuh yang terjaga.

Nah, bila suatu waktu Anda menjumpai teman sebaya dan ia tampak lebih muda, boleh jadi ia memiliki pola hidup yang lebih sehat, dan hidup jauh dari rasa stres. Demikianlah informasi singkat yang dapat redaksi SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top