Advertisement
Inilah Alasan Mengapa Terkadang Waktu Terasa Lebih Cepat - Pernahkah Anda merasakan waktu seperti berjalan sangat cepat? Misalnya saja, Anda menjumpai seorang teman yang telah mempunyai dua orang anak, dan berpikir rasanya seperti baru kemarin Anda dan teman Anda tersebut menghabiskan masa-masa di bangku kuliah, dan akhirnya Anda tersadar kalau ternyata memang telah puluhan tahun masa tersebut berlalu.
Alasan Mengapa Terkadang Waktu Terasa Lebih Cepat
Alasan Mengapa Terkadang Waktu Terasa Lebih Cepat
Hampir semua orang dewasa pernah mengalami perasaan seperti kejadian di atas, tapi bagaimana mungkin waktu dapat berjalan lebih cepat, sementara semua orang melewati waktu yang sama berdasarkan tempat di belahan bumi ini. Berhubungan dengan hal tersebut, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang Alasan Mengapa Terkadang Waktu Terasa Lebih Cepat

Melansir dari situs Independent.co.uk, dijelaskan oleh dua peneliti senior, Muireann Irish (Neuroscience Research Australia) dan Claire O'Callaghan (Behavioural and Clinical Neuroscience Institute at University of Cambridge), persepsi manusia terhadap waktu dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tingkat fokus, keadaan emosional (suasana hati), serta keadaan fisik. Kini, mari kita coba ikuti masing-masing penjelasannya.

° Tingkat Fokus
Nah, pada suatu saat kita merasakan waktu dapat terasa lebih cepat, hal ini terjadi ketika kita tingkat fokus terbagi, misalnya saja pada saat diri kita sibuk dengan beberapa hal sekaligus, waktu tampaknya menjadi ebih cepat. Hal tersebut disebabkan karena saat melakukan kegiatan yang sifatnya multitasking, perhatian kita pada waktu sangat rendah.

° Keadaan Emosional
Keadaan emosional dari suatu peristiwa juga mempengaruhi persepsi kita tentang waktu. Keadaan emosional yang sifatnya negatif, seperti rasa sedih atau tertekan, memiliki efek yang mampu membuat waktu seakan lebih lambat. Hal ini berbanding terbalik, bila keadaan emosional seseorang berada dalam kondisi yang positif, seperti rasa senang atau bahagia, maka persepsi yang dihasilkan membuat waktu menjadi terasa lebih cepat.

° Keadaan Fisik
Persepsi manusia tentang waktu juga dipengaruhi dengan keadaan fisik, hal ini ditunjukkan ketika waktu terasa mengalami distorsi ketika seseorang semakin menjadi tua. Orang di atas usia 60 tahun kerap melaporkan, waktu yang jadi lebih bervariasi, seperti hari terasa lebih cepat atau sebaliknya. anomali persepsi waktu saat kita semakin tua barangkali berhubungan dengan sejumlah proses kognitif yang diperlukan. Misalnya, berapa banyak perhatian yang harus diberikan untuk melakukan tugas tertentu, dan seberapa efektif kita dapat membagi perhatian untuk beberapa tugas yang terjadi sekaligus

Nah, apakah kini Anda telah memahami bagaimana persepsi waktu terkadang dapat terasa lebih cepat? Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top