Advertisement
4 Risiko Pada Mata Akibat Penggunaan Lensa Kontak - Salam jumpa sahabat SpesialTips! sekalian. Siapa yang tak mengenal lensa kontak? Salah satu alat yang digunakan langsung bersentuhan dengan mata ini, dapat diartikan sebagai lensa yang memiliki fungsi yang sama dengan kacamata pada umumnya, namun bentuknya lebih ringan dan tak nampak saat.
4 Risiko Pada Mata Akibat Penggunaan Lensa Kontak
4 Risiko Pada Mata Akibat Penggunaan Lensa Kontak
Selain berguna untuk membantu penggunanya yang mengalami gangguan penglihatan, ternyata perkembangan penggunaan lensa kontak juga dapat dimanfaatkan untuk fungsi kosmetik dan estetika. Hal inilah yang menyebabkan mengapa kini pengguna lensa kontak, khususnya pada wanita makin bertambah.

Penggunaan lensa kontak memang memiliki beragam kelebihan, namun bukan tanpa risiko. Tak banyak yang mengetahui bahwa ternyata dibalik manfaat lensa kontak yang beragam, tersembunyi beberapa risiko yang mengancam mata penggunanya. Merujuk dari berbagai macam sumber, redaksi SpesialTips! mencoba berbagi informasi tentang beberapa bahaya yang mengancam pengguna lensa kontak. Apa saja risiko tersebut? Berikut selengkapnya.

1. Infeksi
Cara penggunaan kontak lensa yang tidak memperhatikan kebersihan, baik itu pada lensa kontak yang akan digunakan, maupun sarana untuk memasang lensa kontak pada mata dimana pada umumnya menggunakan jari, dapat menjadi ancaman serius, karena mata akan mudah terserang bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

2. Peradangan
Hal ini dapat terjadi akibat dari masuknya partikel-partikel pembawa alergi pada mata, seperti debu ataupun benda asing lainnya yang dapat mengakibatkan mata mengalami iritasi yang ditandai dengan rasa gatal, hingga berujung pada peradangan akut yaitu terjadinya pembengkakan di kelopak mata. Umumnya peradangan atau iritasi ini terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat alergi.

3. Mata Kering
Salah satu risiko yang biasanya paling sering diderita oleh pengguna lensa kontak yaitu mata menjadi kering. Hal ini disebabkan sekresi atau produksi air mata pada pengguna yang tidak mencukupi akibat penggunaan lensa kontak.

4. Noda Pada Kornea
Salah satu risiko yang mungkin dapat menghampiri seorang pengguna lensa kontak adalah munculnya noda pada kornea mata. Hal ini disebabkan pemakaian lensa kontak yang terlalu ketat, akibatnya aliran oksigen pada kornea menjadi terganggu, sehingga menimbulkan noda pada di kornea mata. Selain itu akibat dari kekurangan oksigen pada kornea, juga dapat menyebabkan alergi.

Nah, demikianlah informasi singkat mengenai 4 Risiko Pada Mata Akibat Penggunaan Lensa Kontak, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top