Advertisement
4 Buah Bermanfaat Kaya Melatonin Untuk Atasi Masalah Tidur - Apakah diantara sahabat SpesialTips! sekalian mengalami masalah gangguan tidur di malam hari? Sudah bolak balik berganti gaya tidur, hingga membenarkan posisi bantal, namun saja rasa kantuk tak kunjung datang. Bahayanya masalah gangguan tidur di malam hari tersebut, dapat memberi efek samping negatif bagi tubuh seseorang, dari menurunkan daya tahan tubuh, hingga memperbesar risiko terkena gangguan penyakit serius seperti gangguan jantung, diabetes, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.
 4 Buah Bermanfaat Kaya Melatonin Untuk  Atasi Masalah Tidur
 4 Buah Bermanfaat Kaya Melatonin Untuk  Atasi Masalah Tidur
Berhubungan dengan masalah yang kerap dialami di malam hari, biasanya para penderita gangguan tidur menuding sulitnya merasakan kantuk sebagai alasan utama penyebab mengapa tidur malam menjadi momok menyebalkan tiap harinya. Nah, tahukah Anda bahwa sebenarnya bahwa terdapat hormon yang berpengaruh bagi munculnya rasa kantuk? Adalah Melatonin yang merupakan hormon dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai jam tidur biologis, nah dari berbagai macam penelitian didapatkan beberapa cara untuk merangsang hormon Melatonin tersebut, dimana salah satunya melalui makanan.

Terdapat beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan untuk merangsang Melatonin yang dapat dijadikan solusi untuk membantu masalah gangguan tidur, diantaranya adalah roti tawar, susu hangat dan oatmeal. Akan tetapi, kenyataannya bukan hanya sekedar makanan olahan yang tersebut yang mampu untuk merangsang seseorang untuk dapat mengantuk melalui hormon Melatonin, karena ternyata melatonin juga dapat diperoleh serta dirangsang melalui buah-buahan. Apa saja jenis buah yang kaya akan Melatonin serta dapat dijadikan solusi untuk menangani gangguan tidur? Berikut informasi selengkapnya.

1. Pisang 
Buah yang mudah didapatkan ini ternyata memiliki manfaat positif bagi seseorang yang menderita gangguan tidur, yaitu berfungsi untuk meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh. Efeknya buah yang bertekstur lembut ini mampu memberikan efek relaksasi, bagi pengonsumsinya, sehingga kantuk lebih mudah datang dan pastinya lebih cepat untuk tertidur.

2. Buah Kiwi
Buah kiwi merupakan buah dengan kadar melatonin alami yang tinggi. Bagi Anda yang mengalami gangguan tidur, disarankan untuk memakan buah kiwi sebanyak dua buah sebagai camilan di malam hari, karena buah ini akan membantu peningkatan hormon Melatonin dalam tubuh, sehingga akan lebih mempermudah tidur malam Anda.

3. Anggur
Oleh orang-orang di Eropa, buah anggur umumnya diolah menjadi minuman dimana salah satu manfaatnya untuk membantu mempermudah tidur. Namun, ternyata manfaat buah anggur untuk meningkatkan Melatonin dapat juga dinikmati bila dimakan dalam bentuk buah. Mengonsumi anggur, satu jam sebelum tidur dapat membantu Anda yang kesulitan tidur di malam hari.

4. Ceri (Cherry)
Buah Ceri atau Cherry mempunyai kandungan melatonin alami yang cukup tinggi, sehingga akan membantu mempermudah datangnya rasa kantuk saat waktu tidur malam Anda. Kelebihan buah ini, dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama ketika sudah dikeringkan atau dijadikan manisan, sebagai camilan sehat menjelang tidur.

Nah, bagaimana? Penasaran untuk mencoba khasiat buah yang kaya akan Melatonin tersebut, untuk membantu tidur Anda? Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi sahabat setia SpesialTips!
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. aku suka pisang ternyata buah pisang bermanfaat untuk atasi masalah tidur ternyata mas :)
    sangat bermafaat mas terimakasih

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top