Advertisement
Sulit mengingat nama beberapa kerabat dekat? Sering lupa tempat meletakkan kunci? Atau mungkin pernah melakukan kesalahan untuk memilih gula dengan garam saat ingin mencampurkannya pada minuman? Hati-hati itu mungkin tanda Anda memiliki risiko terkena penyakit  Alzheimer atau yang sering disinonimkan dengan "pikun".
Empat Cara Mudah Bantu Cegah Alzheimer
Empat Cara Mudah Bantu Cegah Alzheimer
Sebelum lebih dalam membahas cara pencegahan penyakit yang umumnya diderita para lansia (lanjut usia) ini, sebaiknya kita ketahui dulu apa itu Alzheimer dan siapa saja orang yang memiliki potensi mengidap penyakit tersebut berdasarkan beberapa faktor penyebabnya. Dari hasil penelusuran redaksi SpesialTips! pada situs id.wikipedia.org disebutkan bahwa Alzheimer merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis (kematian sel) otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak mengerut dan mengecil. Hal penting lainnya yang perlu diketahui terkait penyakit Alzheimer adalah tipe atau keadaan orang yang memiliki potensi terkena penyakit tersebut melalui beberapa penyebab, yang diantaranya adalah:
  • Usia -  Penyakit Alzheimer rentan diderita oleh orang-orang berusia lanjut, yaitu di atas 65 tahun, namun dijumpai pula 5 persen kasus Alzheimer terjadi di bawah usia 65.
  • Cidera Pada Kepala - Orang yang yang pernah mengalami cidera berat di kepala, memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit ini.
  • Genetika (Keturunan) - Menurut penelitian, mereka yang memiliki orang tua atau saudara dengan Alzheimer akan lebih berisiko terkena penyakit yang sama.
  • Mengidap Down syndrome  - Gangguan genetika yang menyebabkan terjadinya Down syndrome juga dapat menyebabkan penumpukan protein beta-amyloid di otak sehingga memicu terjadinya penyakit Alzheimer. (*Down Syndrome: kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental anak yang diakibatkan adanya abnormalitas perkembangan kromosom)
  • Mengidap Hipertensi - Orang yang mengidap hipertensi yang mencapai usia 40 tahun ke atas memiliki potensi lebih besar mengidap Alzheimer.
  • Pola Hidup Tidak Sehat - Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat, kebiasaan merokok, kurang berolahraga, mengidap obesitas, menderita hipertensi dan kolesterol tinggi, dan diabetes disebutkan pula menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi potensi risiko menderita penyakit "pikun" tersebut.

Empat Cara Mudah Bantu Cegah Alzheimer

Dari rangkaian informasi tentang Alzheimer di atas, maka redaksi SpesialTips! mencoba berbagi tips singkat guna langkah preventif mencegah penyakit tersebut, berikut selengkapnya:
  1. Olah Raga Teratur - Salah satu cara yang cukup efektif mencegah terkena penyakit Alzheimer adalah dengan melakukan olahraga teratur, minimal 20 menit sehari. Disebutkan dalam beberapa penelitian olahraga mampu meningkatkan level Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) yang merupakan protein bermanfaat bagi otak.
  2. Meditasi (5-5-5) Teratur - Cara lainnya yang bermanfaat untuk mencegah Alzheimer adalah melakukan meditasi selama 5 - 10 menit setiap harinya. Disarankan kepada Anda untuk melakukan sebuah teknik meditasi ringan yaitu dengan pola 5-5-5, caranya adalah dengan duduk tegak dengan mata tertutup, lalu tarik napas perlahan dalam 5 hitungan, selanjutnya buang napas secara perlahan dalam tempo 5 hitungan pula dan lakukan meditasi ini selama 5 menit.
  3. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega-3 - Diketahui Omega-3 sarat akan manfaat bagi otak, salah satunya adalah dapat mempengaruhi volume otak untuk tetap terjaga dari penyusutan. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan Omega-3 1.500 mg setiap harinya.
  4. Melatih Daya Ingat Setiap Hari - Cara yang sebaiknya dilakukan setiap hari demi mencegah terkena Alzheimer adalah dengan rutin melatih daya ingat. Lakukan latihan seperti mencoba mengingat satu benda, satu nama orang yang dikenal, atau dengan mengingat-ingat dimana letak rumah kerabat Anda. (sumber:prevention.com)
Demikian informasi singkat tentang Empat Cara Mudah Bantu Cegah Alzheimer, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat setia SpesialTips!
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. tips diwebiste ini sangat spesial ya, ane cuma bisa berolahraga sekali2 aja gan , heheh

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top