Advertisement
Cara Mudah Jaga Privasi Saat Gunakan Internet - Privasi, atau yang dapat diartikan sebagai kerahasiaan atau keleluasaan pribadi kini menjadi isu penting yang menjadi sorotan dunia keamanan informasi, khususnya dalam masalah privasi internet. Berkaca dari menjamurnya berbagai macam ancaman yang ditebarkan melalui internet bagi pengguna internet saat ini, dari kasus peretasan sampai dengan memata-matai perangkat dan jaringan komputer yang memanfaatkan internet sebagai sarananya, membuat arti menjaga privasi dalam berinternet sangat penting untuk diperhatikan.
Cara Mudah Jaga Privasi Saat Gunakan Internet
Cara Mudah Jaga Privasi Saat Gunakan Internet
Bagi beberapa orang, menjaga privasi demi keamanan saat berinternet termasuk perkara yang rumit untuk dilakukan, akan tetapi kenyataannya kini perkembangan dalam dunia keamanan membuat hal tersebut menjadi lebih sederhana serta lebih mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Lantas, bagaimana caranya? Ikuti selengkapnya dalam tips yang telah redaksi SpesialTips! rangkum dari beberapa sumber tentang Cara Mudah Jaga Privasi Saat Gunakan Internet.

Menggunakan DuckDuckGo Sebagai Alterfatif Search Engine
Mengapa DuckDuckGO? Mesin pencari alias search engine ini memiliki kelebihan dalam komitmennya untuk tak akan mengumpulkan data penelusuran maupun data pribadi Anda. Berbeda dengan beberapa mesin pencari konvensional yang umumnya melakukan pemetaan terhadap data pencarian dan juga data pribadi, DuckDuckGo menyajikan fasilitas privasi yang lebih terjamin keamanannya. Ingin mencoba menggunakan alternatif mesin pencari ini? Anda dapat memulai penelusurannya melalui link resmi berikut: DuckDuckGo

Menggunakan Browser Tor
Fakta tentang browser yang umumnya digunakan seperti Chrome , Safari dan Firefox adalah ketiganya akan melakukan pelacakan data pribadi pada perangkat Anda, diantaranya adalah data cookies, IP serta beberapa data lainnya yang berhubungan dengan seluruh kegiatan Anda pada browser tersebut. Alternatif paling ampuh saat ini untuk menghindari kemungkinan ancaman yang muncul dari pelacakan tersebut adalah dengan menggunakan browser Tor. Sarana yang disediakan Tor memungkinkan Anda untuk online dan melakukan aktifitas surfing secara pribadi dan tanpa sensor apapun pada semua aktifitas browsing. Selain itu Tor juga termasuk salah satu pilihan browser yang direkomendasikan oleh para ahli keamanan informasi. Penasaran untuk mencoba alat browsing tersebut, berikut adalah alamat resmi untuk mengunduhnya : TOR

Tidak Menyimpan Data Password Pada Browser
Mengantisipasi potensi pembobolan data pribadi Anda, sebaiknya hindari kebiasaan menyimpan data password pada browser. Umumnya beberapa browser akan menawarkan untuk menyimpan data akun berupa nama pengguna serta kata sandi pada situs yang dikunjungi, tujuannya untuk mempermudah Anda saat ingin mengunjungi kembali situs tersebut tanpa harus melakukan login kembali, namun hal ini cukup riskan untuk Anda yang sering menggunakan internet dalam beraktifitas, karena akan memperbesar risiko kemungkinan data tersebut dapat dibobol oleh orang lain. Sebaiknya simpan data pribadi Anda pada fasilitas offline atau tidak berhubungan dengan internet, dengan kekurangan Anda harus sedikit repot untuk mengetikkannya kembali saat melakukan login.

Demikianlah informasi singkat tentang Cara Mudah Jaga Privasi Saat Gunakan Internet, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat setia SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top