Advertisement
Tips Mampu Menjadi Pemegang Kendali Atas Hidupmu - Apa yang muncul di benak sahabat sekalian, ketika dihadapkan dengan pertanyaan, siapa yang mengendalikan hidup Anda? Pastinya semua orang akan setuju dengan jawaban "Diri Kita Sendiri". Namun, pernahkah disadari bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari, terkadang kita tak sepenuhnya menjadi orang yang dapat mengendalikan hidupnya sendiri? Contoh kecilnya dalam hal berpakaian, beberapa diantara sahabat SpesialTips! mungkin saja "memaksakan" diri untuk menggunakan baju atau celana bermerek terkenal dan berharga mahal, padahal pakaian tersebut tak membuat Anda merasa nyaman, alih-alih penampilan dapat terlihat modis justru diri Anda menjadi risih dengan pakaian tersebut. Contoh lainnya yang membuktikan bahwa ternyata bukan diri kitalah yang menjadi pengatur hidup sendiri adalah, saat membuat pilihan profesi atau pekerjaan umumnya pada kehidupan sehari-hari, beberapa orang justru mengabaikan cita-cita sebelumnya dengan alasan profesi tersebut tak sesuai dengan anggapan beberapa orang dalam hidup kita. Hal terburuk dari akibat yang akhirnya dirasakan seseorang yang tidak menjadi pemegang kendali dalam hidupnya adalah penyesalan apabila pilihan-pilihan yang telah diambil ternyata mengecewakan.
Tips Mampu Menjadi Pemegang Kendali Atas Hidupmu
Tips Mampu Menjadi Pemegang Kendali Atas Hidupmu
Berkaitan dengan masalah tersebut, menjadi diri sendiri dalam mengambil keputusan dalam hidup akan menjadi sangat penting nilainya, karena akan berhubungan erat dengan tingkat kepuasan dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. Lantas bagaimana caranya agar hidup menjadi lebih bahagia dengan menjadikan diri sendiri sebagai pemegang kendali dalam hidup? Berikut beberapa cara yang mungkin dapat menjadi petunjuk untuk Anda.
  1. Menyadari Tanggung Jawab - Hal pertama dalam usaha agar mampu menjadi "pemilik" kendali atas hidupmu adalah menyadari letak tanggung jawab. Akan menjadi seperti apa hidup Anda, ditentukan atas tanggung jawab apa yang diambil. Anda boleh berbuat sesuka hati dengan cara Anda sendiri, akan tetapi perlu disadari bahwa hak kita akan selalu berbanding lurus dengan tanggung jawab yang harus dilakukan.
  2. Tak Perlu Membandingkan Diri - Pastinya Anda pernah mendengar ungkapan "Kalau orang lain bisa, kenapa saya tidak?" Pada dasarnya membuat perbandingan adalah sebuah metode untuk membangkitkan semangat untuk dapat mencapai tujuan tertentu. Akan teapi pada kenyataannya, masing-masing orang dilahirkan dengan kemampuan yang berbeda, oleh karena itu gunakan cara dan kreatifitas Anda sendiri dan tanamkan pada diri bahwa orang lain tak akan mempengaruhi bagaimana cara Anda untuk menjalani hidup.
  3. Beri Apresiasi Pada Diri Apapun Hasilnya - Tak ada satu orang pun di dunia ini yang tak pernah mengalami kegagalan dan kecewa, namun hal ini bukan alasan untuk tidak kembali mencoba. Bila cara yang Anda gunakan tak berbuah positif, tetap beri apresiasi pada diri dengan menyatakan bahwa inilah hasil dari usaha dengan cara saya sendiri adalah lebih baik, dibanding dengan harus menjadi "orang lain" dengan hasil yang berbeda.
  4. Menyadari Konsekuensi Dari Setiap Keputusan - Hal penting yang harus diingat agar mampu menjadi pengendali atas kehidupan sendiri adalah, menyadari konsekuensi dari setiap keputusan yang telah dibuat. Hidup akan selalu berhubungan dengan sebab - akibat, maka setiap langkah yang diambil pastinya akan memiliki konsekuensinya (akibatnya) dan dengan menyadarinya Anda akan memiliki kemampuan untuk merumuskan langkah terbaik untuk melakukan sesuatu dalam hidup Anda, dan yang pastinya sesuai dengan cara kita sendiri. 

Kesimpulan yang perlu di garis bawahi dari tips di atas adalah bagaimana menjalani kehidupan tanpa menjadi orang lain, dan mampu untuk menjadikan diri lebih berkarakter serta tak mudah "tersesat" dalam opini orang lain, karena Hidupmu adalah Caramu! 

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Suamiku.... tetap jadi diri sendiri dan mencintaiku ya...
    Semangat!! *cupcupmuaccch*

    ReplyDelete
  2. yang sangat penting adalah menjadi diri sendiri aja bang, tanpa merasa ada yg kurang terhadap diri kita sendiri, nice posting bg :)

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top