Advertisement
Anemia atau yang umumnya dikenal dengan kurang darah, merupakan keadaan dimana tubuh mengalami penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal, yaitu hemoglobin (Hb) kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada wanita. 

Penyakit ini disebabkan karena banyak hal, diantaranya adalah kekurangan zat besi, pendarahan usus, pendarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat, rusaknya sel darah merah secara berlebihan (hemolisis), dengan gejala seperti mengalami sakit kepala/pusing, sering merasa mual, selalu merasa kelelahan, denyut jantung tidak teratur, sesak napas, rambut rontok, kulit pucat dan menurunnya kekebalan tubuh.

5 Buah Bermanfaat Untuk Atasi Anemia
5 Buah Bermanfaat Untuk Atasi Anemia
Beberapa diantara kita mungkin menganggap Anemia bukan sebagai penyakit yang berbahaya, namun gangguan pada tubuh ini sebenarnya memiliki efek yang cukup besar bagi metabolisme dan kekebalan tubuh, dan dapat menjadi penyebab tubuh untuk lebih rentan diserang penyakit yang lebih mematikan. Lantas apa yang harus dilakukan agar tubuh terhindar dari Anemia? Beberapa cara yang disarankan oleh para ahli gizi adalah dengan mengonsumi makanan yang mengandung vitamin B12 serta mengandung zat besi. 

Salah satu sumber makanan yang dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan zat besi serta vitamin B12 adalah  buah-buahan. Berkaitan dengan hal ini, maka redaksi SpesialTips! akan berbagi informasi tentang buah apa saja yang dapat bermanfaat untuk mengatasi Anemia.

5 Buah Bermanfaat Untuk Atasi Anemia
1. Apel - Buah yang disarankan untuk dikonsumsi dan bermanfaat untuk mengatasi Anemia adalah Apel. Kandungan vitamin dan zat besi yang tinggi pada buah ini, mampu meningkatkan kadar hemoglobin pada tubuh.

2. Jambu Biji - Buah yang kaya manfaat ini, umumnya dikonsumsi dalam bentuk jus bagi pada penderita demam berdarah. Bukan tanpa alasan, karena vitamin dan zat besi yang dimiliki jambu biji dapat meningkatkan trombosit, sehingga sangat tepat bila buah yang satu ini dijadikan sumber makanan untuk mengatasi Anemia.

3. Pisang - Tingginya kandungan kalium serta kalsium pada pisang, menjadikan buah yang satu ini sebagai makanan yang disarakankan untuk mengatasai Anemia, selain itu kandungan vitamin B6 di dalam buah pisang, juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan infeksi.

4. Kurma - Buah yang satu ini tak perlu diragukan lagi manfaatnya, zat besi yang tinggi terkandung dalam buah kurma. Umumnya ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi sari kurma untuk ibu hamil, karena umumnya pada saat hamil seorang wanita lebih rentan mengalami kekurangan darah.

5. Delima - Kandungan zat besi serta kalsium dan magnesium dalam buah delima sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, oleh sebab itu delima termasuk salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita Anemia.

Demikianlah informasi singkat tentang 5 Buah Bermanfaat Untuk Atasi Anemia, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. nah, anemia itu apa ya gan ?
    masihh bngung nih dengan yg nama-namanya pnyakit , tpii klo pisang sering ane makan klo lagii panen, hehehe

    ReplyDelete
  2. Artikel yang bagus....
    Mas Rizal anemia itu dimana kondisi tekanan HB dibawah normal, hemoglobin atau HB rendah dan terkadang menyebabkan pusing, yang saya tahu kurang lebihnya seperti itu dan banyak faktor penyebabnya...
    cara mengatasi Kurang darah | Penyebab kurang darah | gejala kurang darah

    Terima Kasih atas pembahasannya...

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top