Advertisement
5 Tips Menangkal Bahaya SMiShing - Berbagai macam cara digunakan oleh "penjahat" dunia maya untuk mencuri data pribadi seseorang demi mendapatkan keuntungan. Dari menggunakan teknik keylogging sampai dengan memancing seseorang mengisi data pribadinya pada sebuah halaman situs palsu atau yang lebih dikenal dengan sebutan phising. Cara-cara penipuan online tersebut umumnya memanfaatkan pengguna komputer sebagai korbannya, namun melihat perkembangan teknologi mobile, muncul teknik "pencurian" data baru yang berhubungan dengan ponsel dan gadget
5 Tips Menangkal Bahaya Smishing
Bahaya SMiShing
Adalah SMiShing (SMS Phising), yaitu sebuah cara mengelabui seseorang melalui pesan singkat (SMS), melalui ponsel yang bertujuan mendapatkan data pribadi si korban. Umumnya serangan smishing berupa pesan singkat yang mengatasnamakan operator selular atau perusahaan perbankan, tak jarang dalam pesan singkat yang dikirimkan oleh si penyerang menyampaikan bahaya yang dapat terjadi akibat tak sesegera mungkin menanggapi pesan tersebut, tentu saja hal tersebut hanyak akal-akalan untuk memperdaya calon korban agar secepatnya mengubah atau mengisi data pribadinya.

Selalu meng-update antivirus pada ponsel ataupun gadget milik Anda tak cukup untuk menjamin diri Anda terbebas dari serangan SMiShing? Lantas apa cara terbaik untuk menangkal smishing? Ikuti lebih lanjut jawabannya berikut ini:
  1. Selalu waspada dan hindari klik pada link dalam pesan singkat yang masuk pada ponsel atau gadget Anda, apalagi bila pesan tersebut berasal dari nomor telepon yang tak dikenali.
  2. Jangan menanggapi pesan singkat yang mengatasnamakan operator ataupun perusahaan lainnya yang meminta untuk mengisi atau mengirimkan data-data pribadi Anda.
  3. Jika Anda mendapatkan pesan singkat yang nampak seperti dari lembaga keuangan (bank) yang Anda gunakan, sebaiknya segera mengonfirmasi dengan pihak bank tersebut dengan menggunakan nomor resmi yang telah Anda ketahui kebenarannya.
  4. Umumnya serangan smishing di Indonesia menyantumkan link yang menggunakan domain gratis seperti blogspot, webs ataupun wordpress. Bila Anda menjumpai pesan singkat sejenis, sebaiknya abaikan atau hapus pesan tersebut.
  5. Jangan pernah membalas pesan singkat atau menghubungi nomor pengirim pesan yang Anda curigai, selalu lakukan konfirmasi pada nomor yang benar-benar dapat dipercaya.
Demikianlah informasi singkat tentang 5 Tips Menangkal Bahaya SMiShing. Semoga dapat bermanfaat untuk sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. wah baru tau tuh yang namanya smisihing
    nice info gan :)

    ReplyDelete
  2. bermaanfaat nih buat ibu" yang sering kena modus sms nih gan
    nice :d

    ReplyDelete
  3. wahhh ini dia yang ane cari, ane lupa nama ilmianya apa :D..
    ngomong2 kalau cara melaporkan ke operatornya gmna ya gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.TELKOMSEL
      Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
      Contoh : Penipuan#0812123456#selamat anda mendptkan 1 unit mobil Avanza dari Telkomsel poin…dst, lalu kirim ke 1166.

      2. XL
      Format SMS : Lapor#Nomor yg di gunakan utkmenipu#kasus yg di keluhkan, lalu krm ke 588

      3. INDOSAT
      Format SMS: SMS(spasi)Nomor pengirim SMSpenipuan(spasi)isi SMS penipuan, kirim ke 726.

      Delete
  4. Tips yang bermanfaat :)) . Memang trik nipunya keliatan gak professional, tapi buat orang awam pasti percaya itu.. kalau ada sms macam itu saya cuekin :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ya mas, zaman sekarang kayaknya cari nafkah itu dimudahkan dalam segala cara, gak pernah berpikir lagi akan DOSA dan sumpah mereka yang sudah menjadi korban.

      sekarang jenis penipuannya sudah sangat mantaf, tetap masih melalui media SMS, namun sikorban akan dialihkan pada link website dengan alibi untuk melihat nomor pin hadiah dan hadiahnya diambil melalui cara bagaimana, tetapi tetap saja penipuan seperti yang mas katakan, orang awam mungkin akan mudah tertipu dengan hal seperti ini.

      Delete
  5. sms mama minta pulsa gimana tuh gan? :d

    ReplyDelete
  6. Hp jadul malah aman dari bahaya smishing, haha
    Kalau hp jaman sekarang malah rentan sekali untuk dapat dicuri datanya. Yap, yang penting selalu waspada kalau ada SMS aneh yang minta klik link, hoho

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top