Advertisement
Mengenali 7 Tanda Tubuh Mengidap Anorexia - Salam hangat sahabat SpesialTips! sekalian. Pernahkah Anda menjumpai seseorang yang melakukan diet ketat, bahkan menolak makan agar mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan? Hati-hati, boleh jadi orang tersebut mengalami gangguan psikologi yang berujung pada penyakit Anorexia.
Mengenali 7 Tanda Tubuh Mengidap Anorexia
Mengenali 7 Tanda Tubuh Mengidap Anorexia
Sebelum lebih jauh membahas tentang gejala Anorexia, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari gangguan tubuh tersebut. Memiliki nama lengkap Anorexia Nervosa, merupakan penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal yang mengakibatkan  gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Secara sederhana Anorexia diartikan sebagai gangguan makan yang menyebabkan seseorang terobsesi dengan berat badan yang sangat tidak ideal.

Beberapa hal ekstrim yang dilakukan oleh penderita Anorexia untuk mempertahankan berat badan adalah dengan cara menahan rasa lapar dan berolahraga secara berlebihan untuk membakar seluruh kalori yang masuk ke dalam tubuh. Penderita anoreksia menilai wanita cantik adalah wanita yang memiliki tubuh kurus (tipis). Cukup mengerikan bukan?

Nah, berkaitan dengan pengaruh trend mode saat ini, pengidap penyakit Anorexia kini semakin meningkat. Demi mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan tak jarang penderita penyakit ini justru berujung pada penyakit kronis lainnya akibat kurangnya asupan gizi. Lantas, bagaimana mengenali tanda-tanda penyakit tersebut, berikut adalah Mengenali 7 Tanda Tubuh Mengidap Anorexia.
  1. Menolak Makanan. Salah satu tanda utama yang dapat dikenali dari seseorang yang mengidap Anorexia, adalah menolak makanan. Penderita penyakit ini cenderung untuk menolak makanan dan lebih memilih untuk menahan rasa lapar.
  2. Kebiasaan Makan Berubah. Tanda lainnya yang dialami penderita penyakit ini adalah kebiasaan makan yang berubah dan tak terduga, yaitu makan secara diam-diam, hanya memilih jenis makanan tertentu dan mengurangi porsi makanan secara drastis.
  3. Menurunnya Berat Badan. Gangguan makan yang dialami oleh seorang pengidap Anorexia berhubungan erat dengan turunnya berat badan tiba-tiba. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.
  4. Berubahnya Kebiasaan Berpakaian. Untuk menyembunyikan penurunan berat badan mereka, seseorang yang menderita Anoreksia cenderung memakai pakaian yang lebih longgar.
  5. Pertumbuhan Bulu (Rambut). Akibat dari turunnya berat badan secara tiba-tiba pada pengidap Anorexia, adalah menurunnya suhu tubuh secara keseluruhan. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan bulu (rambut) di beberapa daerah seperti wajah, kaki dan tangan.
  6. Perubahan Pola Pikir Tentang Bentuk Tubuh. Seseorang yang menderita penyakit Anorexia, biasanya mengalami perubahan cara berpikir berkaitan dengan bentuk tubuh mereka. Pengidap penyakit ini cenderung merasa dirinya sangat gemuk, walaupun sebenarnya mereka terlihat kurus. Secara tidak sadar mereka selalu tak puas dengan bentuk tubuh mereka, dan ingin terlihat lebih "tipis".
  7. Gangguan Pada Tubuh. Beberapa tanda lain yang ditunjukkan oleh seseorang yang mengidap penyakit Anorexia adalah, dehidrasi, kuku mudah patah, mudah merasa lelah, kulit menjadi kering, pusing, kejang, rambut rontok, sembelit dan osteoporosis.
Demikianlah informasi tentang Mengenali 7 Tanda Tubuh Mengidap Anorexia. Semoga informasi ini, dapat memberikan manfaat untuk sahabat SpesialTips! sekalian, dan dapat terhindar dari gangguan penyakit tersebut. Tetap Sehat!
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Tanda anorexia ini mirip tanda-tanda orang yang suka diet karena merasa kegemukan, meskipun orang bilang dirinya nggak gemuk, tapi karena dia merasa keberatan badan, jadi harus segera melakukan aksi diet. Iya kan, gan?

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top