Advertisement
Lima Rasa Takut Penunda Kesuksesan - Salam jumpa sahabat setia SpesialTips! sekalian. Membahas tentang definisi sukses, pastinya akan berbeda-beda pada masing-masing individu, tergantung dengan apa tujuan hidup orang tersebut.
Lima Rasa Takut Penunda Kesuksesan
Lima Rasa Takut Penunda Kesuksesan
(sumber gambar: fonality.com)
Namun dalam mencapai kesuksesan, hal yang pasti datangnya adalah menghadapi tantangan (ujian). Salah satu ujian yang umumnya dirasakan seseorang, dalam usahanya menggapai tujuan hidup adalah rasa takut. Tak jarang akibat, terlalu takut atau rasa khawatir yang berlebihan membuat kita akhirnya menyerah sebelum berperang. Untuk menghindari keadaan tersebut, ada baiknya bila kita ketahui bentuk-bentuk ketakutan yang umumnya menghantui perasaan, agar dapat menjadi petunjuk peringatan pada diri, sehingga kesuksesan yang diimpikan dapat terwujud.

Lima Rasa Takut Penunda Kesuksesan

  1. Takut Akan Kegagalan. Tak dapat dipungkiri, semua orang pasti merasakan takut akan kegagalan. Namun ketakukan yang berlebihan pada beberapa orang, dapat membuat dirinya tertahan dalam berusaha mencapai kesuksesan. Kesempatan yang datang, justru diabaikan karena kita tak dapat mengendalikan rasa yang satu ini. Pertanyaan yang paling rasional, dalam menghadapi rasa takut akan kegagalan tersebut adalah, bagaimana kita bisa tahu akan gagal atau tidak sebelum mencobanya?
  2. Takut Akan Ketidakpastian. Saat seseorang dihadapkan akan pilihan apapun bentuknya, umumnya muncul kekhawatiran akan apa yang akan terjadi nanti. Akibatnya muncul beberapa pertanyaan dalam benaknya, apakah setelah membuat keputusan untuk mengambil salah satu pilihan akan membuatnya sukses atau tidak? Atau justru dengan memilih pilihan lainnya ia akan melewatkan kesempatan yang lain? Apalagi bila pilihan yang harus dibuat akan berpengaruh pada zona nyaman orang tersebut, maka rasa takut akan ketidakpastian makin menghantui. Seharusnya hal ini tak perlu terjadi, bila saja kita mau melihat beberapa contoh orang-orang yang sukses dalam hidupnya, dengan berani mengambil kesempatan tanpa dihantui ketakutan akan ketidakpastian. Bayangkan saja bila dulu, Christopher Columbus mengurungkan niatnya untuk melakukan penjelajahan akibat rasa takut akan ketidakpastian, pastinya namanya tak akan tercatat dalam sejarah sebagai penemu benua Amerika.
  3. Takut Akan Masa Lalu. Berkaitan dengan trauma masa lalu, biasanya orang-orang dengan ketakutan ini, pernah mengalami kegagalan di masa lalunya. Penyesalan, rasa bersalah, kebencian dan perasaan lain yang menyakiti hati, akan bayangan kejadian yang pernah dialami, dapat menjadi penunda kesuksesan seseorang. Cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri, bayangan masa lalu mungkin sulit dilupakan, akan tetapi hari ini dan esok adalah masa depan.
  4. Takut Akan Penolakan. Sukses tak hanya dalam bidang pekerjaan, boleh jadi berkaitan juga dengan hubungan kita dengan orang yang terdekat di hati. Berkaitan dengan takut akan penolakan, biasanya dialami seseorang pada saat ingin menyampaikan atau mengungkapkan perasaannya terhadap orang lain. Bayangan akan rasa malu, akibat ditolak dapat membuat kesuksesan yang ingin diraih makin menjauhi diri. Yakinkan diri, dengan menanamkan pernyataan sederhana ini, apakah saya harus mengorbankan perasaan saya, tanpa tahu apa jawaban yang akan diberikan? Toh ditolak bukan akhir dari segalanya.
  5. Takut Akan Kesuksesan. Bagi Anda mungkin terdengar aneh, namun takut akan kesuksesan adalah hal yang sering dirasakan seseorang, dan rasa tersebut "terpelihara" tanpa disadari. Takut akan sukses, pada dasarnya adalah rasa takut tidak mampu menangani perubahan positif dalam hidup. Banyak orang telah berada di depan pintu kesuksesan, namun karena merasa takut tak dapat hidup dalam perubahan tersebut, mereka justru menutup pintu demi menghindari tanggung jawab dari perubahan yang sebenarnya dapat mengantarkan dirinya pada kesuksesan. Bila Anda pernah mengalami hal ini, sebaiknya mulai saat ini buat komitmen dalam diri bahwa Anda siap dengan perubahan positif dalam hidup, dan juga siap mengambil tanggung jawab yang lebih besar demi kesuksesan yang diidamkan.
Rasa takut, merupakan hal yang kerap menghampiri seseorang. Akan tetapi dengan menanamkan komitmen yang kuat dan lebih percaya diri, maka kita lebih siap untuk mencapai kesuksesan. Gagal? itu hoax, yang ada hanya sukses yang tertunda. 

Demikian informasi singkat tentang Lima Rasa Takut Penunda Kesuksesan, semoga dapat menjadi informasi yang mencerahkan hidup sahabat SpesialTips! sekalian. Tetap Semangat!
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. mantap.. sangat bermanfaat artikelnya. terima kasih

    ReplyDelete
  2. :) sama-sama, senang kalau tipsnya bisa bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. WOw..!! Kalo ane takut gagal hehe..
    salam kenal kak..

    ReplyDelete
  4. wuts wuts... :-d :d
    Ayo jangan takut untuk jadi sukses :-) :>)

    ReplyDelete
  5. saya selalu takut akan masa lalau yang sering menghantui gan :-(

    ReplyDelete
  6. pantes aja saya gak pernah berpikiran maju -_- saya takut dengan masa depan saya, sebenarnya sih percaya diri akan berhasil, itu motivasi nya

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top