-->

4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui

Advertisement
4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui - Papua, pulau paling timur di Indonesia ini mungkin tak asing lagi kita. Umumnya orang mengenal pulau Papua sebagai daerah yang sarat akan potensi sumber daya alamnya, dari potensi tambang yang terkenal dengan emasnya, sampai dengan potensi wisata unggulannya yaitu Raja Ampat.
4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui
4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui
Tak sekedar potensi alam, Papua juga terkenal memiliki kekayaan tradisi dan budaya. Beberapa tradisi dan kebudayaan dari pulau menyerupai burung ini, bahkan telah dikenal hingga ke mancanegara. Diantaranya adalah, seni ukir (pahat), dan festival budaya yang rutin dilakukan di Lembah Baliem (Pegunungan Jayawijaya). Tapi bukan hanya itu, dengan potensi lebih dari 200 suku dan bahasa di Papua, tersimpan tradisi unik lainnya yang tak banyak (jarang) diketahui.


Sebagai informasi tentang potensi tradisi unik di Papua, redaksi SpesialTips! telah merangkumnya dalam 4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui di bawah ini.

1. Tradisi Bakar Batu - Salah satu tradisi budaya tertua di Papua ini, dapat dikatakan sebagai simbol rasa syukur dan persaudaraan, akan tetapi di daerah tertentu Bakar batu biasanya juga dilakukan dalam prosesi upacara kematian. Tradisi Bakar Batu merupakan sebuah cara yang digunakan masyarakat Papua, untuk memasak beberapa jenis bahan makanan (Ubi, Singkong, daging Babi dan sayur-sayuran) di atas batu yang telah dipanaskan. Caranya pun tak sembarangan, ada beberapa tahapan untuk melakukan Bakar Batu, diantaranya adalah menyiapkan lubang untuk tempat menyusun kayu bakar dan batu, beserta bahan makanan yang akan dimasak. Setelah lubang tergali, batu-batu yang telah dikumpulkan disusun berdasarkan ukuran. Batu yang besar di letakkan pada bagian paling bawah, dan di bagian atas akan disusun kayu bakar. Selanjutnya lapisan kayu bakar tersebut akan dilapisi kembali dengan batu yang ukurannya lebih kecil, setelah itu proses pembakaran dilakukan untuk memanaskan batu. Setelah batu menjadi panas, barulah bahan makanan yang telah disiapkan disusun sedemikian rupa diatas batu tersebut. Lalu setelah semua bahan makanan tersebut matang, maka dilakukan kegiatan makan bersama. Tradisi Bakar Batu ini, memiliki beberapa sebutan (nama) yang berbeda untuk masing-masing daerah, namun biasanya dikenal dengan sebutan Barapen.
4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui
Tradisi Bakar Batu (Barapen)
(sumber gambar: menotimika.com)
2.  Tradisi Potong Jari Suku Dani - Banyak cara menunjukkan rasa berduka cita bila ditinggalkan anggota keluarga yang meninggal dunia. Namun, untuk suku Dani yang mendiami wilayah Lembah Baliem, di Papua rasa sedih dan duka cita diwujudkan dengan memotong jari, bila terdapat anggota keluarga seperti suami/istri, ayah, ibu, anak dan adik. Tradisi yang wajib dilakukan ini, menurut mereka adalah sebagai simbol dari kesedihan yang teramat dalam seseorang yang kehilangan anggota keluarganya, selain itu potong jari diartikan pula untuk mencegah kembali malapetaka yang menyebabkan kematian dalam keluarga tersebut. Tradisi potong jari ini dilakukan dengan berbagai banyak cara, mulai dari menggunakan benda tajam seperti pisau, kapak, atau parang. Cara lain yang digunakan adalah dengan menggigit ruas jarinya hingga putus, mengikatnya dengan seutas tali sehingga aliran darahnya terhenti dan ruas jari menjadi mati kemudian baru dilakukan pemotongan jari.
4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui
Tradisi Potong Jari
(sumber gambar: travel.detik.com)
3.  Tradisi Ararem Suku Biak - Tradisi unik lainnya di Papua adalah Ararem, yaitu prosesi mengantar mas kawin oleh suku Biak. Dalam prosesi ini, mas kawin akan diantarkan dengan berjalan kaki, disertai nyanyian dan tarian. Uniknya kebanyakan tradisi Ararem dilakukan dengan membawa dan mengibar-ngibarkan bendera merah putih, tak banyak referensi yang dapat menjelaskan mengapa dalam tradisi ini bendera tersebut digunakan. Keunikan tradisi di Papua oleh suku Biak dalam mengantar mas kawin dengan arak-arakan, serta membawa bendera negara tersebut, kemungkinan besar hanya satu-satunya di Indonesia dan tidak dilakukan oleh suku lain di luar Papua.
4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui
Tradisi Ararem Suku Biak
(sumber gambar: isnan-wijarno.com)
4. Tradisi Tato - Selama ini orang hanya mengira bahwa tradisi tato di Indonesia, hanya dilakukan oleh suku Dayak di Kalimantan. Akan tetapi di Papua ternyata terdapat tradisi merajah tubuh, yang telah berjalan turun temurun. Beberapa suku yang biasanya menghiasi tubuhnya dengan tato adalah suku Moi dan Meyakh di daerah Papua Barat. Motif tato yang dibubuhkan pada tubuh suku-suku di Papua memiliki perbedaan dan ciri tertentu, umumnya tato tersebut memiliki motif geometris atau garis-garis melingkar serta titik-titik berbentuk segitiga kerucut, atau tridiagonal yang dibariskan. Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan tato di Papua pun memiliki keunikan, diantaranya adalah menggunakan duri pohon sagu atau tulang ikan, dan mencelupkanannya kedalam campuran arang halus dan getah pohon langsat. Umumnya tato dilakukan pada bagian dada, pipi, kelopak mata, betis, pinggul, punggung dan juga di bagian tangan.

Demikianlah artikel tentang 4 Tradisi Unik Di Papua Yang Jarang Diketahui, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk sahabat SpesialTips! sekalian.


Advertisement
LihatTutupKomentar