Advertisement
Tips Jitu Membuat Toko Online - Salam jumpa, sahabat SpesialTips! sekalian. Berberapa diantara anda, mungkin saja ada yang memiliki cita-cita untuk berwirausaha. Memulai berbisnis dengan menjual barang atau jasa, yang sesuai dengan minat masing-masing. Namun kendala klasik yang umumnya dihadapi oleh seorang wirausahawan ketika ingin memulai usahanya, adalah keterbatasan modal dan juga tempat usaha yang strategis.

Toko Online
Tips Jitu Membuat Toko Online
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, akhirnya tercetuslah ide berwirausaha menggunakan media internet atau dengan kata lain berbisnis secara online. Cara yang tengah booming dan diminati banyak orang tersebut saat ini, bukan tanpa alasan sangat tepat digunakan, untuk anda yang ingin berwirausaha secara mudah. Alasan mengapa memakai cara online, adalah:
  1. Modal usaha yang relatif lebih sedikit, khususnya dalam hal tempat usaha apabila dibandingkan dengan cara konvensional.
  2. Tidak menyita banyak waktu untuk mengelola bisnis anda.
  3. Hanya dengan bermodalkan koneksi internet, anda telah dapat memonitor, dan memasarkan produk anda baik berupa barang maupun jasa.
  4. Target pemasaran yang lebih luas, dan tidak terbatas pada lokasi tertentu.
  5. Kemudahan dalam memberikan informasi kepada costumer anda.
Bila merujuk pada keunggulan dengan menggunakan cara online tersebut, sudah pasti dapat menjadi sebuah peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, bila dibanding dengan berwirausaha dengan cara jadul. 

Lantas bagaimana, bila anda telah memiliki produk baik itu barang atau jasa, dan ingin memasarkannya secara online? Jawabannya adalah dengan membuat toko virtual yang dijalankan secara online. Lalu bagimana caranya untuk membuat toko online? dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat toko online? Ikuti Tips Jitu Membuat Toko Online selengkapnya di bawah ini:
  • Hal paling mendasar dalam membuat toko online adalah konektivitas dengan jaringan internet. Bukan sekedar memiliki koneksi internet, anda juga harus memperhatikan kualitas koneksi (jaringan) internet anda, sebab tak jarang kualitas internet yang rendah dapat mempengaruhi proses pemasaran dan kecepatan informasi yang ingin didapatkan tentang toko yang anda kelola menggunakan secara real time atau online.
  • Memilih nama untuk toko online anda, hal ini cukup penting karena dengan menggunakan nama yang mudah diingat dan unik, akan mampu membuat calon pelanggan tertarik untuk mengunjungi toko online anda.
  • Selanjutnya adalah memilih media online sebagai toko online anda. Mulai menjamurnya bisnis dengan cara online saat ini, mengharuskan anda untuk lebih serius dalam memilih media online sebagai tempat anda melakukan usaha, karena seperti layaknya media usaha (bisnis) konvensional, salah sedikit maka usaha yang anda kelola malah jarang dikunjungi pelanggan dan risiko kerugian akan lebih besar. Nah, berikut adalah media yang dapat anda gunakan sebagai toko online nantinya : Media Sosial, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Tumblr dan masih banyak lagi. Menggunakan Blog yang diantaranya adalah Blogspot dan Wordpress. Selain itu anda dapat menggunakan jasa pembuat website profesional untuk membantu anda membuat toko online. Sebagai catatan penting, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu dalam memilih media yang sesuai dengan kemampuan anda, jenis usaha, dan produk yang anda pasarkan pada toko online anda nantinya.
  • Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, berikan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk yang ada jual (pasarkan), dengan cara yang menarik. Jelaskan pula kualitas barang/jasa yang anda tawarkan, dan jangan lupa untuk mencantumkan testimoni para pelanggan anda, untuk membangun kepercayaan calon pelanggan lainnya.
  • Tawarkan kemudahan-kemudahan untuk calon pelanggan anda, seperti nomor kontak yang selalu aktif, alamat yang benar, waktu pengiriman barang ataupun pengerjaan jasa yang lebih cepat, dan pastinya respon yang cepat untuk semua kebutuhan pelanggan.
Nah demikianlah, sekelumit Tips Jitu Membuat Toko Online, semoga dapat membantu sahabat SpesialTips! yang ingin mengembangkan usahanya dengan cara online. Terimakasih
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. bener gan, hal yang paling mendasar jika kita membuat toko online adaklah apakah jaringan mendukung atau tidak. Jaringan internt harus mumpuni gan dengan 7an agar usaha lancar :)

    ReplyDelete
  2. Saya pakai modal internet doang :) bisa dapat penghasialan dolar.

    ReplyDelete
  3. wah bagus nih artikelnya , kemaren niatnya pengen buat toko online , ya simple nya yang dibutuhin itu ya skill modal baru pemasaran produk ya kalo kurang satu mending nanti aja deh bikinnya malah jadi beban entar

    ReplyDelete
  4. tips nya bagus gan, tapii ane kagak ada produk nih untuk buat toko online !
    kalo kita buat toko online gratis bisa bagus gak ya ?

    ReplyDelete
  5. Ngomong-ngomong masalah Toko Online, dulu saya pernah tau yang namanya OpenCart dan kalau gak salah disana kita bisa membuat toko Online dan juga dikasih domain .com Gratis!! Gak tau sekarang masih bisa apa enggak :/

    ReplyDelete
  6. Nice nih gw dah bikin sob (e-comerce)

    ReplyDelete
  7. Thx Berat mas bro..
    bisa jadi tambahan referensi bisnis online saya
    yang mau lihat silahkan datang buka (www)spesialisaki(com)
    thx infonya mas bro...

    ReplyDelete
  8. Wah,,, sudah lama pengennya buka satu toko online tp blm kecapaian jg, tips nya sangat bermanfaat cobt, bisa jadi referensi dlm membangun toko online.

    ReplyDelete
  9. udah dari pertama main blog udah mau buat toko online tapi gak pernah jadi jadi :'(

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top