Advertisement

Tips Sehat Mengonsumsi Kopi - Berdasarkan sejarah, tercatat bahwa Kopi adalah minuman yang mampu menambah energi, dan ditemukan oleh bangsa Ethiopia (Afrika). Dengan usia sekitar 3000 tahun, Kopi sudah tak asing lagi bagi semua orang.

Kopi berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi (Coffea. sp), dapat dinikmati kapan saja, pagi atau siang bahkan malam. Akan tetapi bukan tanpa efek samping, kandungan kafein dalam Kopi juga dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Idealnya Kopi yang di konsumsi tidak memiliki kadar kafein lebih dari 100-150 mg, agar tetap aman dinikmati. Lantas bagaimana caranya, agar dapat menikmati minuman terkenal ini dengan sehat? sebaiknya sahabat SpesialTips! ikuti terus Tips Sehat Mengonsumsi Kopi berikut ini.

Kopi Tubruk (Sumber Gambar id.wikipedia.org)
Tips Sehat Mengonsumsi Kopi

  • Gunakan Kopi alami. Sebaiknya dalam mengonsumsi minuman ini, anda selalu menggunakan Kopi yang berasal dari biji Kopi alami. Perkembangan saat ini, memunculkan banyak produk-produk kopi olahan, baik yang berbentuk bubuk maupun cair. Sebaiknya anda, mempertimbangkan kembali untuk mengonsumsi Kopi yang tidak benar-benar berasal dari biji kopi alami, karena akibat dari penambahan zat kimia lain, justru dapat menghilangkan efek Kopi itu sendiri.
  • Gunakan gula alami sebagai pemanis. Bila tak menyukai Kopi pahit, anda boleh menambahkan gula sebagai pemanis. Namun disarankan agar selalu menggunakan gula alami dan dalam jumlah yang berimbang. Terlalu banyak menggunakan gula, justru membuat anda terancam dengan penyakit lainnya.
  • Menambahkan Kayu Manis. Dengan menambahkan Kayu Manis, anda dapat memberikan cita rasa yang unik pada Kopi yang akan anda nikmati. Selain itu kayu manis memiliki fungsi menurunkan kadar Trigliserida (penyebab bertambahnya kolesterol).
  • Menambahkan Jahe. Selain menambah kenikmatan rasa Kopi, penambahan jahe juga dapat membantu menurunkan demam dan sakit tenggorokan. Sehingga didapatkan khasiat ganda dari secangkir kopi plus jahe tersebut.
Nah, bagaimana? sahabat SpesialTips! sekalian cukup mengerti kan, bagaimana menjadi sehat saat mengonsumsi Kopi kegemaran anda. Demikian Tips Sehat Mengonsumsi Kopi, semoga bermanfaat untuk anda semua.SpesialTips!


Sumber: boldsky.com
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Thx mas infonya. Seruput kopi dlu deh. Hehe slm knl

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top