Advertisement

Tips Menjaga Koleksi Buku Pribadi - Sahabat SpesialTips! yang budiman, apakah Anda termasuk salah satu yang menyukai kegiatan membaca buku? Memiliki koleksi buku yang banyak atau bahkan bertumpuk-tumpuk? Pernah suatu kali ingin membaca buku lama tapi ternyata, keadaan buku mengenaskan? Kertasnya rusak? Atau bahkan sampulnya sobek? Baiklah, kali ini SpesialTips! akan memberikan tips-tips menjaga koleksi buku pribadi Anda.


buku koleksi Admin bersampul plastik


 Tips Menjaga Koleksi Buku Pribadi

Menjga koleksi buku pribadi sebenarnya hal yang mudah, namun sulit untuk dilakukan, apalagi bagi Anda yang memiliki kegiatan ektrabanyak sehari-hari. Menjaga koleksi buku pribadi yang paling utama adalah membersihkannya secara rutin, namun hal ini yang paling sering ditunda dilakukan.

Berikut beberapa tips menjaga koleksi buku pribadi dari SpesialTips!

1. Menyampul buku dengan sampul plastik
Usahakan Anda memiliki stok sampul plastik untuk  buku-buku Anda. Biasanya admin menggunakan plastik mika yang lembut untuk menyampul koleksi buku pribadi. Segerakan menyampul buku setelah Anda membelinya, bahkan sebelum Anda membacanya. hal ini penting dilakukan karena biasanya buku yang dibeli tidak sekali habis dibaca dalam satu kali kesempatan. Menyegerakan menyampul buku baru dengan plastik akan menjaga kemungkinan-kemungkinan buku Anda rusak karena air.

2. Tangan bersihAdalah penting membaca buku dengan tangan dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini jelas menghindari adanya noda yang tertinggal di kertas buku Anda apabila tangan Anda dalam kearaan tidak bersih dan tidak kering.

3. Label buku
Label buku dibutuhkan apabila koleksi Anda sangat banyak, atau Anda memiliki impian memiliki perpustakaan pribadi, atau niatan mengoleksi lebih banyak buku baru. Beri label sesuai abjad dan susun dengan teratur di dalam lemari buku. Hal ini bermanfaat agar Anda lebih mudah menemukan buku apabila Anda ingin membacanya ulang suatu hari.

4. Pembatas buku
Pembatas buku memiliki peranan penting untuk menjaga keutuhan buku Anda, melipat ujung atau sebagian kertas dalam buku sebagai tanda sejauh mana Anda membaca akan memungkinkan kertas robek/rusak dalam jangka waktu yang lama. Jadi, pastikan Anda menggunakan pembatas buku untuk menandai sejauh mana Anda membaca. Begitu pula dalam menyusun buku di dalam lemari atau rak, buku yang disusun berdiri lebih baik daripada yang ditumpuk.

5. Jangan membaca buku ketika mengantuk
Banyak orang membaca buku agar dapat tidur lelap. Hal ini akhirnya menjadikan buku Anda bantal atau alas tidur disaat Anda terbangun dari tidur dikemudian harinya. Kalau melipat saja akan berdampak dengan kerusakan buku, apalagi kalau buku sampai tertimpa tubuh dalam jangka waktu yang lama. Lem pada buku bisa merenggang dan mengakibatkan lembaran-lembaran buku bertaburan.

Nah, lima hal sederhana tersebut bisa mulai Anda terapkan untuk menjaga koleksi buku pribadi. Pastikan tempat yang Anda gunakan untukmenyimpan buku adalah tempat yang rajin atau tertaur Anda bersihkan, minimal satu kali dalam seminggu.

Pastikan pula bahwa rak buku atau lemari koleksi buku pribadi Anda tidak terkena paparan sinar matahari langsung untuk menghindari tumbuhnya jamur.

Tips Menjaga Koleksi Buku Pribadi
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top