Advertisement
Tips Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet

Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna internet yang cukup tinggi. Beberapa orang bahkan menganggap internet sebagai kebutuhan primer, berkaitan dengan pekerjaannya yang membutuhkan konektifitas internet. Bahkan pelajar hingga mahasiswa di Indonesia, sebagian besar menganggap internet sebagai sumber informasi kedua setelah sekolah atau kampus.

courtesy of techno.okezone.com

Akan tetapi, bukan rahasia lagi bila kecepatan internet di Indonesia bisa dikatakan "lemot" bila dibandingkan dengan negara lain di Asia. Kecepatan internet di Indonesia, termasuk urutan ketiga terbawah setelah Laos dan Filipina. Salah satu akibat dari lambatnya koneksi internet di Indonesia adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengakses informasi pun semakin bertambah, tak jarang juga kejadian ini membuat  para pengguna internet tersebut menjadi frustasi. Berdasarkan fenomena ini maka, SpesialTips! akan berbagi tips tentang Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet.

Tips Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet

1. Mengubah Bandwith Windows. Bila anda menggunakan Windows sebagai sistem operasi pada komputer, maka dengan mengubah bandwith bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kecepatan internet pada browser dan download manager anda. Pada dasarnya sistem operasi Windows membatasi penggunaan internet pada komputer. Windows mengalokasikan 80% kecepatan yang dapat digunakan pada komputer, dan 20% untuk QoS (Quality of Service) Windows. Cara mengubah bandwith Windows:

  • Klik Start 
  • Pilih run dan Ketik gpedit.msc, kemudian klik Ok
  • Setelah masuk Computer Configuration, klik Administrative Templates, kemudian Klik Network
  • Setelah terbuka klik QoS Packet schedulerSelanjutnya ouble klik pada Limit Reservable Bandwidth, pilih menu Enable dan isi Bandwith limit   dengan 0
  • Langkah terakhir pilih apply dan restart komputer anda.

2. Menggunakan Proxy. Secara umum, proxy adalah sebuah server penyedia layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Sebagian besar pengguna internet Indonesia mengakses server yang berasal dari luar, seperti Blogger, Facebook, Twitter dan lain sebagainya, dengan menggunakan proxy yang berasal dari server luar juga cukup membantu meningkatkan kecepatan koneksi. Berikut cara menggunakan proxy:

  • Masuk ke Control Panel lalu pilih Network and Internet
  • Selanjutnya klik Internet Options
  • Setelah itu akan terbuka tab Internet Properties, pada bagian ini anda akan menemukan nama koneksi yang anda gunakan, double klik pada nama koneksi tersebut.
  • Akan muncul tab baru, yang pada bagiannya terdapat kolom untuk memasukkan proxy yang anda miliki.
  • Setelah selesai klik Ok
Sebagai catatan, sebaiknya anda cari dulu proxy yang dapat digunakan, banyak penyedia proxy baik gratis maupun premium (berbayar). Berpengaruh atau tidaknya kecepatan juga bergantung pada jenis proxy-nya, disarankan kepada anda, untuk menggunakan proxy premium.

3. Melakukan Tweak cpipParameter. Cara yang satu ini bisa dikatakan cocok bagi pengguna jaringan broadband, dari hasil yang didapatkan berpengaruh positif terhadap peningkatan kecepatan koneksi internet.

  • Buka notepad.
  • Pastekan perintah dibawah ini kedalam Text Editor

[HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesT cpipParameters]
“SackOpts” = dword: 00000001
“TcpWindowSize” = dword: 0005ae4c
“Tcp1323Opts” = dword: 00000003
“DefaultTTL” = dword: 00000040
“EnablePMTUBHDetect” = dword: 00000000
“EnablePMTUDiscovery” = dword: 00000001
“GlobalMaxTcpWindowSize” = dword: 0005ae4c
  • Save (simpan) dengan nama cpip.reg, anda bisa meletakkan file tersebut pada desktop.
  • selanjutnya double klik untuk menjalankan file tersebut.
4. Mengaktifkan DNS Cache. DNS atau Domain Name Server adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host. Secara umum DNS pada di modem anda dalam keadaan OFF, jadi disini kita akan mengaktifkannya, dengan tujuan untuk menyimpan nama-nama host. Sebagai catatan DNS mungkin tidak akan berpengaruh pada semua website yang anda akses.

  • Buka Notepad
  • Copy lalu Pastekan kode dibawah ini :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
"CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
"CacheHashTableSize"=dword:00000180
"MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
"MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d
  • Selanjutnya simpan dengan nama dnscache.reg
  • Double klik pada file tersebut untuk menjalankannya, dan mengaktifkan DNS Cache

Demikian Tips Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet, semoga informasi tersebut bisa membantu sahabat SpesialTips! sekalian.


Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top