Advertisement

Tips Mengenali Modus Penipuan Online - Salam hangat sahabat SpesialTips! sekalian, Pernahkah anda menjumpai pesan singkat melalui ponsel, yang menyebutkan bahwa anda memenangkan hadiah uang atau barang? Email yang menyatakan anda memenangkan kesempatan untuk mendapatkan uang? atau mungkin pada akun Facebook anda terdapat iklan menjual barang tertentu dengan harga sangat murah?. Bila pernah, maka anda harus berhati-hati, pasalnya bisa jadi pesan atau tawaran tersebut merupakan salah satu modus penipu untuk mengeruk keuntungan dari korbannya. 
source image: trainingtokoonline.com

Bukan rahasia lagi, bila penipuan online cukup marak dan berkembang akhir-akhir ini. Korbannya pun tak terhitung lagi jumlahnya, dari  pengusaha hingga ibu rumah tangga. Menyikapi fenomena ini SpesialTips! akan berbagi Tips Mengenali Modus Penipuan Online, agar sahabat semua dapat menghindari penipuan yang mengintai saat sedang beraktifitas di dunia maya.

Tips Mengenali Modus Penipuan Online

1. Pesan undian berhadiah. Sebelumnya para penipu menggunakan modus pesan undian berhadiah ini menggunakan sarana pesan singkat (sms) melalui ponsel dan meminta anda untuk menguhubungi nomer yang tertera pada pesan singkat tersebut, ujung-ujungnya anda diarahkan untuk mengirimkan sejumlah uang, dengan alasan biaya pajak pengambilan hadiah. Akan tetapi karena masyrakat umum telah mengenali modus ini, membuat para penipu mengubah modus mereka. Cara yang digunakan tetap menggunakan sarana pesan singkat (sms), bedanya untuk meyakinkan calon korban, dalam pesan singkat tersebut anda diarahkan untuk membuka sebuah website berlabel perusahaan terkemuka. Mengenali modus penipuan ini cukup mudah, anda cukup lihat kembali alamat website yang dirujuk dalam pesan singkat tersebut. Umumnya website yang digunakan dalam usaha penipuan berplatform blogspot, atau website gratisan lainnya seperti wordpress. Selain itu perusahaan besar yang benar-benar mengadakan undian berhadiah, biasanya akan mengumumkan pemenang dengan langsung menghubungi (telepon) anda dengan nomor resmi perusahaan, bukan dengan nomor ponsel

2. Menjual barang dengan harga sangat murah. Modus penipuan yang digunakan ialah dengan menawarkan barang tertentu, melalui Facebook atau website jual beli yang kurang terkenal, dengan harga sangat murah. Biasanya selisih harga barang yang dijual dengan harga asli barang di pasaran, dapat mencapai 50% atau lebih. Selain itu, usaha penipuan ini juga menawarkan ongkos kirim yang juga jauh di bawah rata-rata. Untuk mengetahui penawaran barang tersebut benar atau tidak, sebaiknya anda bandingkan dulu harga yang ditawarkan dengan asli barang di pasaran, apakah cukup masuk akal atau tidak. Selanjutnya tanyakan kondisi barang yang akan dibeli. Bila anda memang ingin membeli barang yang ditawarkan, pastikan hanya menggunakan sistem pembayaran COD (Cash On Delivery), kalau jarak rumah anda cukup dekat dengan si penjual. namun bila jarak anda berjauhan sebaiknya minta sistem pembayaran ke rekening bersama (rekber) pada website jual beli online terpercaya. 

3. Phising. Cara ini merupakan teknik penipuan untuk mencuri password anda, informasi rekening atau informasi pribadi lainnya. Pelaku phising sering membuat website palsu yang mirip dengan aslinya, sehingga korban memasukkan nomor rekening dan password di website penipu. Upaya menghindari modus penipuan ini adalah dengan memeriksa kembali alamat website yang tertera pada link tertentu, jangan membiasakan diri anda dengan langsung melakukan klik pada link yang belum jelas alamatnya.

4. Aplikasi komputer atau ponsel yang ditawarkan secara gratis. Umumnya, modus ini menawarkan anda untuk mengunduh aplikasi tertentu dengan gratis. Akan tetapi aplikasi tersebut biasanya telah disisipi dengan virus tertentu, yang mampu mencuri data-data pribadi, termasuk data rekening, melalui komputer atau ponsel yang telah terinstal aplikasi ini. Cara pencegahannya adalah, selalu aktifkan dan mengupdate antivirus pada komputer atau ponsel anda. Lakukan scanning pada software yang anda anggap mencurigakan tersebut.

Demikianlah beberapa tips singkat, mengenali modus penipuan secara online. Semoga informasi ini bermanfaat kepada anda semua.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. penipuan online memang sedang marak gan, makanya harus ekstra hati-hati :D

    ReplyDelete
  2. oh begitu yha gan.. thx artikelnya gan.. ;D

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top