Advertisement

Tips Donasi (Sumbangan) Tepat Sasaran - Salam hangat sahabat SpesialTips! semua, apakah anda kerap menemukan peminta sumbangan mengatasnamakan yayasan sosial tertentu? atau menemui beberapa orang yang membawa map dan menunjukkan surat sumbangan yang berasal dari pembangunan mesjid atau yayasan panti yatim piatu? Sebaiknya anda teliti dulu sebelum memberikan donasi (sumbangan), karena bisa jadi, di antara mereka adalah peminta sumbangan palsu. 
source image: konsultasisyariah.com

Selain itu, dengan maraknya pemberitaan mengenai beberapa negara di dunia yang mengalami krisis atau konflik saat ini, digunakan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Dengan memanfaatkan rasa simpati masyarakat, oknum tersebut memungut sumbangan atas nama yayasan resmi penyalur sumbangan, untuk warga negara yang tekena dampak krisis atau konflik tersebut.

Terkait dengan tren penipuan tersebut, SpesialTips! kali ini akan berbagi informasi tentang Tips Donasi (Sumbangan) Tepat Sasaran, sehingga sumbangan yang anda tujukan, dapat sampai kepada tangan orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

Tips Donasi (Sumbangan) Tepat Sasaran
  • Memilih penyalur donasi (sumbangan). Cara yang paling bijaksana agar donasi (sumbangan) anda adalah, dengan menyalurkannya langsung kepada lembaga atau yayasan resmi, yang telah dikenal secara umum. Selain itu, pilihlah penyalur donasi (sumbangan), yang memiliki rekening bersama, dan transparan dalam melaporkan hasil penyaluran sumbangan. Diantaranya adalah Mer-c, Dompet Dhuafa, Bazis dan masih banyak lagi.
  • Mengecek surat resmi atau nomer telepon yayasan. Bila anda menjumpai orang yang datang ke rumah atau kantor, dan mengatasnamakan dirinya sebagai relawan yang bertugas memungut sumbangan, sebaiknya anda perlu lebih berhati-hati. Mintalah surat pengantar resmi dari instansi terkait, sebagai bukti benar atau tidaknya sumbangan tersebut. Umumnya penipuan yang berkedok sumbangan sosial, hanya menggunakan surat proposal yang dibuat sendiri. Selain itu tak ada salahnya anda memeriksa nomor telepon yang tertera, apakah sesuai dengan nama yayasan.
  • Menyalurkan sendiri donasi (sumbangan). Cara ini juga termasuk efektif dalam menyampaikan donasi (sumbangan). Anda dapat langsung memberikan kepada penerima sumbangan, misalnya kepada tetangga yang kurang mampu, atau anak yatim piatu di sekitar rumah anda. Kenali calon penerima donasi (sumbangan) anda, utamakan penerima yang benar-benar anda pahami keadaannya.
Catatan penting mengenai hal ini adalah, Menjadi seorang donatur (penyumbang) tidak harus memiliki banyak uang (harta), selain itu bukan jumlah donasi (sumbangan), yang membuat anda menjadi seorang dermawan, akan tetapi niat tulus dan keihlasan. Semoga Tips Donasi (Sumbangan) Tepat Sasaran ini, dapat bermanfaat kepada sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Sumbangan yang baik itu yang tepat sasaran. Jangan sampai sumbanganmu ke tangan yang salah..

    Bagi siapa saja yang membutuhkan Dus Makanan bisa mencoba menghubungi kami Greenpack.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan...thanks dah mampir... btw ... buat yg pertama kali mampir ga apa2 deh nyelipin link, itung2 buat perkenalan...

      Delete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top