Advertisement

Tips Alternatif Mengamankan Komputer Tanpa Antivirus - Bila melihat judul tips di atas, mungkin beberapa di antara sahabat SpesialTips! akan bertanya-tanya dan ragu, apakah mungkin komputer tanpa antivirus, bisa tetap aman dan bersih dari ancaman virus? sementara perkembangan virus saat ini makin mengkhawatirkan. Penyebaran virus baik melalui internet maupun flashdisk, membuat banyak pengguna komputer menggunakan antivirus yang dianggap mumpuni, tak tanggung-tanggung bahkan terkadang, ada diantaranya yang meng-install hingga dua sekaligus program antivirus pada komputernya.
source image: mywindowsclub.com

Akan tetapi penggunaan antivirus bukan tanpa keluhan, diantaranya adalah mengenai semakin lambatnya kerja komputer akibat penambahan antivirus. Selain itu, kekurangan menggunaan antivirus adalah, harus menghabiskan banyak waktu untuk memperbaharui (update) antivirus mereka tiap bulan. Merepotkan bukan? Nah, berdasarkan kejadian tersebut, SpesialTips! kali ini akan menginformasikan Tips Alternatif Mengamankan Komputer Tanpa Antivirus

Tips Alternatif Mengamankan Komputer Tanpa Antivirus

  • Mengenali penyebaran virus. Sebaiknya anda pelajari dulu, umumnya penyebaran virus berasal dari mana, dengan cara apa, dan bagaimana virus menyebar. Misalnya, anda mendapatkan email, atau pesan melalui akun Facebook anda, yang menyisipkan sebuah file dengan ekstensi .exe untuk di download. Sebaiknya anda urungkan niat anda bila anda tak tahu persis siapa pengirim file tersebut, karena biasanya virus disebarkan melalui file dengan ektensi tersebut. Selain .exe beberapa penyebaran virus juga menggunakan, ekstensi .Bat, .Reg, dsb.
  • Mengubah fitur autorun (autoplay)  menjadi disable. Umumnya setiap komputer dengan sistem operasi Windows memiliki fitur autorun. Guna fitur ini adalah, menjalankan secara otomatis CD/DVD, Hardisk eksternal atau Flashdisk yang dihubungkan dengan komputer. Demi menghindari penyebaran virus selain dari internet, cara ini cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus dari hardware yang disambungkan ke komputer anda.
  • Menggunakan Software Selain Antivirus. Saat ini banyak software yang berkembang untuk mengamankan komputer, salah satunya yang SpesialTips rekomendasikan adalah Deep Freeze. Aplikasi ini boleh dikatakan aplikasi lawas, akan tetapi kemampuannya menangkal serangan virus cukup mumpuni. Cara kerja software ini adalah mengembalikan semua konfigurasi dalam sistem komputer, ke konfigurasi awal pada saat Deep Freeze di install, proses pengembalian konfigurasi tersebut dilakukan pada saat komputer di restart (dinyalakan).
  • Melakukan Scan Online. Apabila anda ingin menginstall software dari hasil download di internet, sebaiknya lakukan scan online terlebih dahulu. Saat ini banyak sekali situs yang menawarkan untuk melakukan scan virus secara online. Beberapa diantaranya adalah TotalScan, Filterbit, Jotti Virus Scan dan masih banyak lagi.
Nah, sahabat SpesialTips! cukup paham kan? Semoga Tips Alternatif Mengamankan Komputer Tanpa Antivirus, dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda semua.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top