Advertisement
Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Puasa - Selamat malam, sahabat SpesialTips!

Sejauh ini bagaimana puasa Anda, Sahabat?
Selama berpuasa saya yakin, beberapa diantara Anda merasa kurang nyaman berbicara dengan orang lain dalam jarak yang dekat. Itu wajar, bau tak sedap mulut Anda yang berpuasa diakibatkan karena keadaan tidak makan dan tidak minum.

Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Puasa

Karena mulut adalah alat komunikasi paling penting saat  berbicara, maka malam ini saya akan berbagi tips menjaga kebersihan mulut saat puasa untuk Anda, sahabat SpesialTips.

source from google..com
1. Perbanyak minum air putih. Tentu saja jangan minum diantara waktu subuh sampai magrib, sebaliknya, perbanyakanlah minum air putih sejak waktu berbuka tiba sampai dengan waktu imsak subuh. Usahakan minum lebih dari delapan gelas sepanjang waktu tersebut secara berangsur. Air ini akan mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh sehingga penyebab bau mulut saat puasa dapat diminimalisasi.

2. Sikat gigi. Sikat gigi menjadi makruh dilakukan di saat yang tidak tepat ketika kita berpuasa. Sikatlah gigi Anda di waktuyang tepat, Sahabat, yaitu: setelah makan dan sebelum tidur. Tepatnya, setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa.

3. Gunakan obat kumur. Menggunakan obat kumur yang paling tepat adalah setelah menggosok gigi. Obat kumur yang paling baik digunakan untuk menjaga kebersihan mulut saat puasa adalah obat kumur yang mengandung antiseptik dengan manfaat mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut yang dapat mengakibatkan bau mulut tak sedap.

4. Merokok. Merokok adalah hal yang paling harus Anda hindari, sahabat SpesialTips. Rokok adalah faktor terbesar penyebab bau mulut saat puasa. Akan sangat lebih baik apabila Anda tidak merokok selama bulan Ramadhan, baik saat sahur, berbuka, atau malam hari. Dan akan lebih baik lagi kalau Anda tidak merokok sama sekali bahkan di bulan-bulan bukan Ramadhan. Merokok sama halnya membunuh diri sendiri secara perlahan.

5. Tidak mengonsumsi coklat, permen, atau yang mengandung gula terlalu banyak. Gula yang berlebih lebih mudah menempel di gigi bahkan setelah kita menggosok gigi, oleh sebab itu sahabat, kurangi konsumsi makanan terlalu manis sebagai tips menjaga kebersihan mulut saat puasa.

Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Puasa

Nah, sahabat, mudah bukan untuk menjaga kebersihan mulut saat puasa agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Ayo kita lakukan tips-tips menjaga kebersihan mulut yang telah saya bagikan ke Anda.

Usaha terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut yang berlanjut bahkan diluar saat Anda berpuasa adalah konsultasikan ke dokter gigi kepercayaan Anda. Jangan biarkan teman-teman dekat Anda menjauhi atau membicarakan Anda hanya karena bau mulut tak sedap Anda yang mengganggu.

Good luck!

Tips Menjaga Kebersihan Mulut Saat Puasa.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top