Advertisement
Tips Memilih Buah - Setelah di postingan sebelumnya membahas tips diet di bulan Ramadhan, sekarang saya akan berbagi tips memilih buah yang tepat untuk dikonsumsi.


Buah-buahan memiliki kandungan yang berbeda dan manfaat yang berbeda pula untuk tubuh, oleh sebab itu, kita harus bisa memilih buah apa yang paling baik untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat buah bagi tubuh yang bisa saya bagikan kepada Anda. 

source from google
Belimbing
Campuran belimbing dan madu dapat membantu mengatasi kencing batu. Menelan belimbing secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan.
 
Kelengkeng
Kelengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartarik, vitamin A dan B. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan atau mengembalikan energi setelah sakit. Selain itu, konsumsi yang teratur akan mempercepat kesembuhan luka luar.

Pisang
Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Selain itu, pisang ambon terkenal berfungsi menjaga kehalusan dan kelembaban kulit.

Apel
Anda tidak yakin usus besar Anda bersih meskipun BAB lancar? Kalau iya, maka kombinasikan garam mineral dan pektin dalam apel dengan asam oksalik pada bayam yang mampu membentuk substansi unik  di dinding usus dan menciptakan gerakan kimia yang kuat tapi aman untuk melepaskan kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliseri yang mengganggu fungsi jantung.

Nanas
Enzim bromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul.

Buah Delima
Di beberapa negara di Timur Tengah, jus delima dikumur terlebih dahulu sebelum diminum dengan tujuan membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut. Memakan buah delima dengan tidak terburu-buru dapat menghindari kekeringan tenggorokan. Kandungan zat tanin dalam buah delima dapat mengeluarkan cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus melalui air besar.

Tomat
Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Jus tomat segar membentuk glikogen dalam liver. Jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan.
 
Belewah
Gula alami dan enzim pada belewah memunyai fungsi penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik. Beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus.

Alpukat
Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi tidak saja menjadi sumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat Anda berpuasa, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.
 
Jeruk
Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

Kurma
Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanya dengan 3 butir kurma, tentunya yang berkualitas tinggi, karena kurma dengan kualitas baik dapat memberikan asupan enerji yang banyak dan kandungan gula kurma sangat membantu menyembuhkan luka.  

Tips Memilih Buah SpesialTips.blogspot.com

Mangga dan Pepaya
Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.
 
Buah Pir
Mengonsumsi pir membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas.

Semangka
Jus semangka akan merontokkan asam dalam tubuh dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah.  
 
Demikianlah beberapa kandungan dan manfaat yang dapat saya bagikan kepada sahabat SpesialTips, saya berharap informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tips Memilih Buah

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top