Advertisement
Tips Membuat Kurikulum 2013 - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memiliki kebijakan untuk menggunakan kurikulum 2013 secara serentak untuk tahun ajaran 2014-2015 untuk semua jenjang pendidikan.

Tentunya suatu kurikulum memerlukan perangkat lengkap dan konsistensi pelakunya untuk melakukan sesuai dengan visi misi kurikulum agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Kurikulum 2013 yang menuntut perbaikan karakter anak didik sebagai penerus bangsa adalah kurikulum yang menggunakan metode saintifik dengan mengutamakan pendidikan religius, karakter, pemahaman dan keterampilan.

Pada kesempatan kali ini SpesialTips akan memberikan tips membuat RPP Kurikulum 2013 yang akan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Berikut adalah contoh RPP Kurikulum 2013 yang telah dibuat oleh kontributor SpesialTips bidang studi Bahasa Indonesia kelas 7.

Picture by Ariyanti Kesuma
Tips membuat RPP kurikulum 2013 yang SpesialTips berikan adalah mengenai komponen yang harus ditampilkan dan diaplikasikan di dalam pembelajaran.

1. Judul diikuti dengan keterangan RPP kurikulum 2013, yaitu: nama instansi/sekolah, bidang stusi, kelas/semester, materi pokok, dan alokasi waktu.

2. Kompetensi Inti, dalam Kurikulum 2013, kompetensi inti merupakan hal yang membedakan Kurikulum 2013 dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Kompetensi inti adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik, Kompetensi Inti ini telah dirumuskan oleh Kemdikbud dan dicantumkan di dalam silabus.

3. Kompetensi Dasar (KD) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dan bersifat lebih spesifik. Meski penilaian utama dalam kurikulum 2013 adalah nilai religius dan sikap, akan tetapi dalam pembuatan RPP, KD yang pertama harus ditentukan adalah KD nomor 3 yang terintegrasi dengan KD nomor 4, sementara KD 1 dan KD 2 mengikuti dan menyesuaikan dengan nilai religius dan karakter yang diperlukan untuk memenuhi KD 3 dan KD 4.

4. Tujuan Pembelajaran di dalam RPP adalah wajib dicantumkan, hal ini memiliki manfaat untuk memberikan dorongan terhadap guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan metode yang dapat mencapai target ketuntasan KD.

5. Materi Pembelajaran dan Proses Pembelajaran dalam RPP Kurikulum 2013 sangat mudah dirumuskan selama para guru berpegang teguh pada Buku Pegangan Guru dan Buku Pegangan Siswa yang diterbitkan oleh Kemdikbud.

Untuk penilaian, dapat digunakan rubik penilaian mengenai sikap religius, karakter, kemampuan dan keterampilan siswa dengan acuan nilai yang ditetapkan oleh Kemdikbud dengan sistem interval dan ditulis dengan angka kemudian dikonversikan ke dalam huruf, sebagai acuan adalah:

Angka Huruf
1.00-1.33 D
1.34-1.66 C-
1.67-2.00 C
2.01-2.33 C+
2.34-2.66 B-
2.67-3.00 B
3.01-3.33 B+
3.34-3.66 A-
3.67-4.00 A

Demikianlah tips Membuat RPP Kurikulum 2013 yang SpesialTips bagikan hari ini, semoga tips ini membantu sahabat SpesialTips memahami bagaimana membuat RPP Kurikulum 2013.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top