Advertisement
Tips Belajar dengan Efektif - Halo sahabat SpesialTips!

Hari ke-9 Ramadhan ini panas dan lembaga-lembaga bimbingan belajar sudah mulai beroperasi lagi, saya yang saat ini masih menjadi seorang tegaga pengajar freelancer di sebuah bimbingan belajar harus mulai mempersiapkan proses pembelajaran.

Nah, hari ini saya akan membuat postingan mengenai tips belajar dengan efektif. Kenapa belajar saja harus efektif? Tentu saja agar para pelajar atau pembelajar dapat memahami dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal. Apalagi bagi sahabat SpesialTips yang masih menduduki kelas 6, kelas 9, dan kelas 12. Tahun ini adalah tahun belajar yang digunakan sebagai penentu arah menuju masa depan.

Tips belajar dengan Efektif.

Sebelumnya, kita kenal dulu apakah belajar itu? Belajar adalah suatu proses yang keberhasilannya ditandai dengan berubahnya sikap pelajar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Nah, dengan adanya pemahaman seperti itu, tips belajar dengan efektif adalah salah satu cara yang harus diperhatikan untuk mendapatkan perubahan optimal dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup.

Apa saja tips belajar dengan efektif yang akan saya bagikan ke sahabat SpesialTips hari ini?

Tips pertama belajar dengan efektif adalah: kenali gaya belajar sahabat SpesialTips. Apakah cara belajar itu ada macamnya? Ya, dan dikenal menjadi tiga macam.
  1. Gaya belajar Auditori
  2. Gaya belajar Visual
  3. Gaya belajar Kinestetik
Gaya belajar auditori, seperti namanya, cara belajar auditori adalah variasi belajar yang siswa menitik beratkan pendengarannya untuk dapat memahami pembelajaran. Setelah mendengar sebuah informasi, Anda dengan gaya belajar auditori baru akan mengingat dan memahami informasi yang disampaikan. Oleh sebab itu, bagi sahabat SpesialTips yanag memiliki cara belajar auditori akan lebih baik apabila memilih tempat duduk di barisan paling depan. Dengan duduk di barisan paling depan, Anda akan dapat mendengar semua penjelasan yang disampaikan oleh guru dengan baik.

Gaya belajar Visual, gaya belajar satu ini adalah gaya belajar yang menitikberatkan kemampuannya melihat untuk memahami informasi. Anda dengan gaya belajar visual akan memerhatikan tulisan, gerak bibir, dan warna-warna yang tepat yang digunakan dalam penyampaian materi melalui papan tulis ataupun dengan infokus. Maka, akan lebih baik bagi Anda yang memiliki gaya belajar visual duduk tepat di depan/sejajar dengan papan tulis atau layar infokus/media yang digunakan dalam proses pembelajaran berlansung.

Gaya belajar kinestetik, adalah gaya belajar si Pengganggu. Kenapa saya katakan pengganggu? Karena Anda dengan gaya belajar kinestetik akan menjadi pengganggu bagi teman-teman Anda yang lain apabila Anda tidak duduk di posisi yang paling tepat bagi Anda. Gaya belajar kinestetik sering membuat gerakan-gerakan yang spontan ketika ia sedang berusaha memahami suatu informasi. Bisa berupa gerakan tangan, mengucapkan kembali apa yang didengarnya, menggerakan kaki atau anggota tubuh lainnya, sehingga bagi orang-orang di sekelilingnya, hal ini tentu dapat mengganggu konsentrasi dalam proses pembelajaran.

Tips Belajar dengan Efektif yang kedua adalah mencatat hal-hal yang dianggap penting. Tidak perlu menyalin buku, Anda hanya perlu mencatat hal kecil/istilah yang baru Anda dengar, dengan demikian Anda akan fokus mempelajari hal-hal yang belum Anda kuasai.

Tips belajar dengan efektif ketiga adalah, mengenali situasi yang mendukung gaya belajar Anda. Ada beberapa diantara sahabat SpesialTips yang mampu belajar di keheningan, sehingga disarankan untuk belajar di sepertiga malam sebelum subuh untuk mendapatkan waktu-waktu belajar yang paling baik, tetapi ada beberapa dari Anda yang justru dapat belajar dengan baik apabila diperdengarkan musik-musik lembut atau misalnya musik klasik Bethoven, Mozart, dll. Jadi, yang manakah situasi belajar paling baik bagi Anda? untuk mengetahui hal ini, Anda dapat mempraktikkannya langsung.

Tips belajar dengan efektif keempat adalah dengan banyak berdoa sebanyak Anda berusaha. Seberapapun banyak Anda berusaha, maka harus sebanyak itu pula doa yang Anda lakukan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai manusia beriman yang memiliki kepercayaan bahwa kita diciptakan oleh Tuhan, maka sudah sepantasnya kita berdoa agar apapun usaha yang kita lakukan akan membawa kebaikan bagi diri kita dan orang lain di sekitar kita, kelak.

Nah sahabat SpesialTips, itu tadi beberapa tips belajar dengan efektif yang dapat saya bagi berdasarkan pengalaman saya menjadi guru. Saya harap artikel ini dapat membantu Anda dalam memeroleh nilai terbaik dengan usaha terbaik Anda.


Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top